Merasa Perguruan Tinggi Daerah Dianaktirikan Pemprov Riau, Begini Reaksi Akademisi Bengkalis

Merasa Perguruan Tinggi Daerah Dianaktirikan Pemprov Riau, Begini Reaksi Akademisi Bengkalis

20 Oktober 2019
STAIN Bengkalis, salah satu perguruan tinggi ternama yang berada di Pesisir Riau

STAIN Bengkalis, salah satu perguruan tinggi ternama yang berada di Pesisir Riau

RIAU1.COM - Sejumlah akademisi di Kabupaten Bengkalis kecewa dengan kebijakan Pemprov Riau melalui Disdik yang diduga mengabaikan keberadaan perguruan tinggi (PT) di kawasan bagian Pesisir Riau.

Kekecewaan itu tidak hanya terhadap PT negeri, tapi juga PT swasta, dalam penyaluran kesempatan memperoleh bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa.

"Kebijakan terkesan menganaktirikan serta diskriminasi PT di Pesisir Riau dan hanya menganggap hanya ada mahasiswa di PT di Kota Pekanbaru itu, ternyata juga sudah berkali-kali terjadi," ujar Alfansuri, Ahad 20 Oktober 2019.

Alfansuri melanjutkan, Pemprov Riau menganggap hanya PT Pekanbaru yang representasi Riau. Padahal PT di Riau juga tersebar di beberapa kabupaten/kota lainnya, termasuk di Bengkalis.

"Tahun 2019 ini, Pemprov Riau kembali mengelontorkan beasiswa kepada mahasiswa, namun naifnya pemberian beasiswa itu hanya diberikan kepada mahasiswa Riau yang kuliah di kampus yang ada di Pekanbaru saja," tuturnya.

Alfansuri juga menyebutkan, Pemprov Riau sengaja memberi pesan tersirat, menganggap mahasiswa yang kuliah di daerah kabupaten/kota selain PT di Kota Pekanbaru tidak jelas. Disamping itu, ia juga mempertanyakan tolak ukur Disdik Riau membuat kebijakan hanya PT di Kota Pekanbaru.

"Memangnya Pemprov Riau menganggap mahasiswa yang kuliah di daerah kabupaten/kota lainnya tak mahasiswa Riau. Parameternya apa hanya bagi mahasiswa di kampus-kampus Pekanbaru saja," kesalnya.

Loading...

Masih kata Alfansuri, bukankah seperti di Bengkalis ada Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dan STAIN Bengkalis yang sudah berskala nasional, dan merupakan satu-satunya politeknik negeri dan STAI negeri di Riau.

"Kalo paremeternya prestasi, kampus mana yang mendominasi perwakilan Riau untuk ASC tingkat nasional, kampus Riau mana masuk sepuluh besar pada PIONIR IX 2019 PTKIN se-Indonesia, dan banyak lagi nama Riau dikumandangkan oleh dua perguruan tinggi ini pada tingkat nasional," tegasnya.

"Kami mendesak Pemprov Riau, untuk memperlakukan adil bagi semua anak negeri, khususnya buat pak Gubernur Syamsuar. Kami berharap gubernur bisa menegakkan keadilan bagi semerata negeri di Bumi Lancang Kuning ini, karen selama ini merasa didiskriminasi," tambahnya.

Alfansuri juga meminta kepada Ketua DPRD Riau dan DPRD Bengkalis bersama-sama memperjuangkan hak mahasiswa di bagian Pesisir Riau ini. "Kalau tidak diakui sebagai masyarakat Riau, ikhlaskan kami membentuk Provinsi Riau Pesisir," pungkasnya.