Pj Wali Kota Pekanbaru Pimpin Rapat Desk Pilkada, Bahas Kesiapan Pilkada Serentak

16 Oktober 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa memimpin rapat Desk Pilkada di Kantor PMI, Rabu (16/10/2024). Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa memimpin rapat Desk Pilkada di Kantor PMI, Rabu (16/10/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa memimpin rapat Desk Pilkada yang diselenggarakan di ruang rapat Kantor PMI Pekanbaru, Rabu (16/10/2024). Rapat ini bertujuan untuk membahas kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 yang akan digelar pada November mendatang.

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Asisten I Masykur Tarmizi, Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhut, Asisten III Samto, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Beberapa poin penting dibahas dalam rapat Desk Pilkada ini. 

Salah satu topik utama adalah persiapan untuk pemilih pemula pada Pilkada tahun 2024. Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mempercepat layanan perekaman KTP elektronik agar pemilih pemula dapat menyalurkan hak suaranya.

"Dukcapil akan membuka kantor pelayanan hingga 27 November. Agar pemilih pemula dapat memilih," ungkap Risnandar.

Selain itu, rapat juga membahas kesiapan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam pengamanan saat pemungutan suara pada 27 November. Meskipun situasi politik menjelang Pilwako Pekanbaru dinyatakan sangat kondusif, antisipasi dan persiapan tetap diperlukan.

"Tadi, kami juga membahas terkait kewilayahan. Karena, ada beberapa kecamatan yang dimekarkan," jelas Risnandar.

Dampak dari pemekaran kecamatan membuat beberapa warga belum melakukan perubahan identitas. Sehingga, tempat pemungutan suara (TPS)menjadi agak jauh. Hal ini menjadi perhatian khusus dalam rapat.

Risnandar juga mengimbau seluruh warga Kota Pekanbaru untuk berpartisipasi aktif dalam menyalurkan hak suara . Ia mengajak warga untuk turut menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini. Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari seluruh pihak, diharapkan Pilkada serentak tahun 2024 di Pekanbaru dapat berjalan dengan lancar dan sukses.