Musim Hujan, BPBD Pekanbaru Pantau Titik Rawan Bencana Banjir

Musim Hujan, BPBD Pekanbaru Pantau Titik Rawan Bencana Banjir

16 November 2023
Kepala BPBD Pekanbaru Zarman Candra.

Kepala BPBD Pekanbaru Zarman Candra.

RIAU1.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk tetap siaga terhadap potensi bencana. Apalagi saat ini, Pekanbaru berada dalam musim hujan.

Warga diimbau untuk dapat melakukan pengaduan bencana melalui call center BPBD dengan menghubungi 08117651464. Warga dapat melaporkan bencana melalui call center tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Chandra, Selasa (14/11/2023), mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan BMKG, Kota Pekanbaru diprediksi masih berpotensi hujan. Warga diimbau untuk waspada terhadap bencana banjir.

"Warga yang tinggal di bantaran sungai dan wilayah rawan banjir diimbau siaga," ujarnya. 

BPBD Pekanbaru juga terus melakukan pemantauan di titik rawan bencana. Dalam mengantisipasi banjir dan genangan air, BPBD melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan bencana, terutama aliran sungai. Dalam mengantisipasi bencana itu, BPBD berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Dinas terkait pun telah melakukan agenda pembersihan sedimentasi sungai dalam rangka mitigasi bencana," terang Zarman.

Tak hanya itu, BPBD juga terus mengimbau kepada warga yang berada di lokasi rawan bencana untuk tetap siaga. Perubahan cuaca saat ini tidak menentu dan cuaca panas bisa seketika berubah menjadi hujan.