Komitmen Pemprov Riau Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Komitmen Pemprov Riau Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

1 Agustus 2024
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto

Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto

RIAU1.COM - Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan di Provinsi Riau, diantaranya meningkatkan cakupan kesehatan semesta Universal Health Coverage (UHC).

Demikian disampaikan SF Hariyanto saat groundbreaking Pembangunan Gedung Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Polda Riau dan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Presisi serta peresmian Media Center dan Command Center Polda Riau, Kamis (1/8/2024).

"Terkait kesehatan kita selalu berikan pelayanan terbaik, salah satunya meningkatkan cakupan kesehatan semesta UHC," kata SF Hariyanto di Pekanbaru.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Mantan pejabat Kementerian PU Republik Indonesia itu menjelaskan bahwa saat ini cakupan kesehatan semesta telah mencapai 98,90 persen sehingga cukup dengan menunjukkan KTP Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Maysarakat sudah bisa berobat gratis.

"Masyarakat cukup dengan menunjukkan KTP sudah bisa berobat gratis. Begitu juga dengan fasilitas kesehatan untuk penunjang pengembangan rumah sakit yang ada di Provinsi Riau agar terus ditingkatkan," ujarnya.

SF Hariyanto mengungkapkan bahwa berbagai dukungan telah diberikan, seperti peningkatan fasilitas, peningkatan sumber daya manusia seperti tenaga medis dokter spesialis yang terus kita tingkatkan. Sebab pembangunan di bidang kesehatan menjadi salah satu fokus utama pemerintah.

"Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya membangun berbagai sarana dan fasilitas kesehatan sebagai penunjang kesehatan masyarakat di Provinsi Riau," pungkasnya.ADV