Ketua TP PKK Inhil Pimpin Rapat Perencanaan Pilot Project PHBS

Ketua TP PKK Inhil Pimpin Rapat Perencanaan Pilot Project PHBS

7 September 2022
Saat rapat berlangsung

Saat rapat berlangsung

RIAU1.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar rapat kegiatan pilot project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), di ruang rapat kediaman Rumah Dinas Bupati, Senin (5/9/2022).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan dan dihadiri oleh Ketua Baznas Inhil, Kepala Dinas PMD, Dinas Sosial, Dinas Perikanan, beberapa OPD terkait, Camat Kempas, TP PKK Kempas, TP PKK Desa Sungai Gantang, Kepala Desa Sungai Gantang, ketua-ketua Pokja dan anggota TP PKK Inhil.

Hj. Zulaikhah Wardan dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan ini akan menyasar pada ranah kesehatan, lingkungan hidup dan perencanaan sehat bagi keluarga.

"Gerakan ini merupakan sebuah gagasan untuk menumbuhkan kesadaran yang melibatkan keluarga dan masyarakat secara langsung," ungkap Ketua TP PKK Inhil.

Selanjutnya Ketua TP PKK Inhil juga menambahkan jika tindak lanjut dari kegiatan rapat tersebut diharapkan kepada OPD terkait dapat memprogramkan kegiatan dengan 10 indikator Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) tersebut di Desa Sungai Gantang Kecamatan Kempas.

"Dalam waktu dekat ini akan dilakukan Monev oleh TP PKK Provinsi Riau, sedangkan pilot projek ini dilaksanakan Tahun 2022 sampai 2024, semoga kita bisa mewujudkan Desa Sungai Gantang sebagai desa percontohan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana, Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat Tahun 2024," tambahnya.

Selain itu, dalam hal penerapan gerakan juga bisa disasar kepada desa yang masyarakatnya masih kurang tanggap terhadap perilaku hidup bersih sehat, seperti masih banyak yang membuang kotoran tidak pada tempatnya.

"Belum punya jamban dirumah atau belum tahu cara memanfaatkan sampah dan cara pemilihannya," pungkas Zulaikhah Wardan. (Adv)