Kamis, 21 Maret 2019

TOP

Fenomena Alam Langka di Kampar, heboh Video Bunuh Diri Hingga Kepungan Hotspot, Ini 4 Top Berita di Riau Sepekan

news24xx


Riau1.com Riau1.com

RIAU1.COM -Serentetan peristiwa terjadi di Provinsi Riau pada pekan pertama Bulan Januari 2019. Mengawali pembuka tahun, Riau 'dimeriahkan' dengan bermunculannya titik panas (Hotspot), video bunuh diri berlokasi hoaks yang gegerkan Pekanbaru hingga beberapa lainnya.

Sederet kejadian tersebut sudah Riau1.com rangkum, dan berikut empat berita top yang terjadi di Provinsi Riau selama sepekan pertama di Bulan Januari 2019 ini.

1. Kembali Bermunculannya Titik Panas (Hotspot).

Awal tahun 2019, Provinsi Riau disibukkan dengan bermunculannya titik panas (Hotspot) yang salah satu faktornya disebabkan oleh adanya aktivitas pembakaran lahan dan hutan (Karthula). Karhutla terparah pada pembuka tahun ini terjadi di Rohil.

Selain itu, peristiwa serupa juga melanda wilayah lain, diantaranya Dumai. Di Kabupaten Rohil, ada puluhan hektare lahan yang dilahap sijago merah. Petugas gabungan di lapangan berjibaku diantara panasnya cuaca serta pekatnya asap hasil Karhutla ini.



BACA JUGA : Mulai dari Penjelasan Sekdako Pekanbaru Tentang Penghapusan TPP hingga Dibahasnya Revisi Perwako

2. Gegernya Video 2 Wanita Bunuh Diri Berlokasi Hoaks.

Kamis 3 Januari 2019, warga Kota Pekanbaru dihebohkan dengan beredarnya video 2 wanita bunuh diri. Video berdurasi 30 detik tersebut menyebar di grup WhatsApp dan sosial media (Sosmed). Hasil penelusuran, ternyata lokasi kejadian yang disebutkan pada video ini hoaks belaka.

Entah ulah iseng siapa, yang jelas pada video itu dikatakan jika peristiwa bunuh diri terjadi di seputaran Mal SKA Pekanbaru. Cuplikannya juga mempertontonkan kengerian yang mestinya tak patut dikonsumsi publik.

Menyikapinya, Polda Riau melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus langsung mengambil langkah penyelidikan, siapa yang memosting video tersebut. Tindakan itu tentunya bisa dijerat dengan pidana, apalagi ternyata lokasi video itu sebenarnya terjadi di Bandung pada 2017 lalu, bukan di Pekanbaru.

3. Fenomena Alam Langka Terjadi di Kampar.

Fenomena alam berupa gempa bumi terjadi di Riau, tepatnya Kabupaten Kampar. Sebagaimana diketahui, negeri lancang kuning terbilang 'langka' sebagai pusat terjadinya gempa. Kejadian ini pun membuat masyarakat geger, bahkan tak sedikit diantaranya yang bertanya-tanya.

 

Peristiwa gempa bumi jarang sekali melanda Riau, di mana biasanya Riau hanya terkena rembesan getaran akibat gempa di daerah lain. Namun kali ini, titik gempa bumi berpusat di Kabupaten Kampar. Kejadiannya tepat pada Sabtu 5 Januari 2019 pagi jam 07.59 WIB.

Menurut BMKG, gempa yang terjadi di Kampar berkekuatan 3,7 Skala Richter (SR). Lokasinya berada pada 0.55 LU,100.76 BT, sekitar 63 kilometer Barat Laut Kampar, Riau. Gempabumi tersebut terjadi pada kedalaman 241 kilometer.

Dengan magnitudonya yang kecil dan cukup dalam, gempa ini tidak begitu dirasakan oleh orang-orang, serta tidak berdampak pada bangunan. BMKG menyebutkan, gempa biasanya berpengaruh kepada kerusakan bangunan, bila dengan kedalaman yang dangkal, sehingga juga turut terasa hingga ke permukaan.

4. Petualangan Pemilik 37 Kg Sabu yang Diburu Polda Riau Berakhir di Probolinggo.

Lima orang pria dibekuk jajaran Polres Probolinggo di Jalur Pantura, pada Sabtu 5 Januari dinihari. Mereka adalah DPO (Daftar Pencarian Orang) pihak Polda Riau atas kepemilikan Narkoba jenis Sabu seberat 37 Kilogram.

Pengejaran terhadap kelimanya sudah berjalan berminggu-minggu lamanya, setelah jajaran Direktorat Polair Polda Riau menggagalkan peredaran 37 Kg Sabu di Perairan Bengkalis. Saat itu, para pelaku berhasil meloloskan diri dari sergapan.

Polisi kemudian melacak keberadaan para pelaku hingga ke Bali. Di sana kelimanya lagi-lagi berhasil meloloskan diri. Berlanjut kemudian, perburan dilanjutkan hingga ke Probolinggo, dan mereka pun menyerah pada akhirnya. Selanjutnya, para pelaku dibawa ke Riau untuk prosea penyidikan lebih lanjut.