Selasa, 17 September 2019

TOP

Dari Persiapan Hingga Bahas Target 11 Cabor di Porwil 2019, Ini Kabar Olahraga Riau Sepekan

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Ajang multi event Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera yang akan digelar di Bengkulu, hanya tinggal beberapa bulan lagi. KONI Riau pun mulai meminta 11 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan untuk segera mempersiapkan atletnya.

Beberapa waktu lalu, KONI Riau kembali memanggil 11 cabor yang dipertandingkan di Porwil X Sumatera 2019 untuk membahas nomor pertandingan yang telah ditetapkan pada multi event yang juga menjadi tiket untuk ke PON XX Papua tahun 2020 mendatang.

Di sini Riau1.com merangkum kabar olahraga di Bumi Lancang Kuning selama sepekan, mulai dari persiapan KONI Riau jelang Porwil X Sumatera 2019 untuk mengejar target mempertahankan juara umum.

1. KONI Riau Segera Berikan Uang Pembinaan Khusus

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau akan segera memberikan uang pembinaan khusus kepada para atlet berprestasi yang beberapa bulan ini tertunggak.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengatakan, pemberian uang pembinaan khusus kepada para atlet Riau berprestasi ini segera diberikan jika dana yang tersedia untuk KONI Riau sudah dicairkan.

"Jika sudah ada pencairan dari dana yang ada, bulan April 2019 ini uang pembinaan khusus untuk para atlet harusnya segera dicairkan," kata Emrizal kepada Riau1.com, Senin 25 Maret 2019.

Emrizal melanjutkan, uang pembinaan khusus untuk atlet berprestasi itu diberikan langsung tiga bulan, terhitung mulai awal tahun 2019 ini.

"Ya, mulai dari bulan Januari 2019, uang pembinaan khusus untuk atlet segera kita berikan," sebut Emrizal saat berbincang di Kantor KONI Riau.

2. Nomor Pertandingan Atlet Renang Tak Dibatasi, PRSI Riau Optimis Raih 12 Medali Emas di Porwil 2019

Pada ajang multi event Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera 2019 nanti, peluang cabang olahraga (cabor) renang Riau untuk meraih medali emas sebanyak-banyaknya terbuka lebar.

"Dalam rapat bersama PB Porwil beberapa waktu lalu, juga dibahas terkait dengan nomor yang akan dipertimbangkan oleh 11 cabor di Porwil 2019 Bengkulu," kata Sekretaris Umum KONI Riau, Deni Ermanto, Senin 25 Maret 2019.

Deni melanjutkan, dari hasil rapat itu diputuskan untuk cabor renang para atlet yang bertanding bisa mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan. Artinya, pada Porwil 2019 ini, nomor yang akan diikuti atlet renang tidak dibatasi.

"Dan juga, nomor-nomor cabor renang yang dipertandingkan pada Porwil X Sumatera 2019 ini sesuai dengan nomor pertandingan yang akan digelar pada PON XX tahun 2020 mendatang di Papua," lanjutnya.



BACA JUGA : Mulai dari Melonjaknya Harga Cabai di Pekanbaru Hingga Anak Tukang Tambal Ban Lulus Seleksi Bintara Polri

Iklan Riau1

Deni menyatakan, dengan ketentuan itu, para perenang andalan Riau yang akan dikirim ke Porwil 2019 nanti memiliki peluang besar untuk bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya. Ada sekitar 12 atlet, masing-masing enam putra dan putri yang akan bertanding.

"Ada sekitar 17 nomor di cabor renang yang nantinya akan kita telaah sesuai dengan potensi dan kemampuan atlet renang kita," sebut Deni yang juga merupakan Wakil Ketua Pengprov PRSI Riau tersebut.

"Dari 17 nomor itu, perenang andalan kita akan diturunkan pada nomor yang memang sesuai dengan kemampuan atlet, dan juga nantinya untuk nomor-nomor lainnya akan disesuaikan. Setidaknya kita bisa meraih minimal 12 medali emas," pungkasnya.

3. 2 Nomor Tidak Dipertandingkan, Peluang Tim Biliar Riau di Porwil 2019 Berkurang?

Pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera 2019 mendatang, cabang olahraga (cabor) biliar hanya mempertandingkan 10 nomor, dari 12 nomor yang rencananya dipertandingkan.

Dua nomor biliar yang tidak dipertandingkan pada Porwil X Sumatera 2019 tersebut, double bola 9 dan double bola 10 putri. Sedangkan dua nomor ini dipertandingkan pada PON 2020 di Papua.

Pelatih biliar Riau, Jefri menyangkan tidak dipertandingkannya dua nomor biliar tersebut. Sebab, double bola 9 dan double bola 10 itu berpeluang besar untuk menambah medali emas untuk Riau.

"Kita sayangkan dua nomor ini tidak dipertandingkan, karena membawa kerugian cukup besar bagi tim biliar Riau," kata Jefri kepada Riau1.com, Selasa 26 Maret 2019.

4. Kempo Pertandingkan 10 Nomor PON di Porwil 2019, Sekum KONI Riau: Sisanya di Kejurnas

Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera 2019 akan berlangsung di Bengkulu pada bulan November 2019 mendatang, KONI Riau pun terus menggesa persiapan dan pemantapan atlet untuk target mempertahankan gelar juara umum.

Beberapa waktu lalu, PB Porwil sudah melakukan koordinasi dengan KONI se-Sumatera dan juga Technical Delegate (TD) cabang olahraga (cabor).

Sekretaris Umum KONI Riau, Deni Ermanto mengatakan, dari hasil rapat koordinasi tersebut ada beberapa hal yang cukup unik, yakni tidak semua nomor-nomor yang dipertandingkan pada PON 2020 masuk ke Porwil 2019.

"Seperti cabor kempo, pada Porwil 2019 ini hanya mempertandingkan sebanyak 10 nomor saja dan sisanya dipertandingkan di luar event Porwil, seperti kejurnas dan lainnya," kata Deni, Selasa 26 Maret 2019.

"Tidak hanya cabor kempo saja, ada beberapa cabor lainnya yang juga 'bernasib' sama, dimana hanya beberapa nomor saja yang dipertandingkan," pungkasnya.

5. Panjat Tebing Riau Siapkan 16 Atlet ke Porwil X Sumatera 2019

Menghadapi Porwil X Sumatera yang akan digelar pada bulan November 2019 mendatang, Pengprov FPTI Riau berencana mempersiapkan sebanyak 16 atlet terbaik.



BACA JUGA : Mulai dari Dinas PUPR Pekanbaru Potong Kanopi Ruko Hingga MBC Hotel Minta Dispensasi

16 atlet panjat tebing yang dipersiapkan itu terdiri dari 10 atlet putra dan enam atlet putri. Para atlet ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan Pengprov FPTI Riau beberapa waktu lalu.

"16 atlet ini kita jaring dari berbagai daerah di Riau, dan sebelum menghadapi Porwil 2019, para atlet ini akan fokus menjalani latihan," kata Ketua Harian Pengprov FPTI Riau, Yudhi, Kamis 28 Maret 2019.

Yudhi menuturkan, pada Porwil 2919 nanti pihaknya akan mengikuti seluruh nomor yang akan dipertandingkan, dengan total sebanyak 38 nomor dari cabang olahraga (cabor) panjat tebing.

"Untuk target, kita akan mempertahankan prestasi yang diraih saat Porwil 2015 di Bangka Belitung lalu, dengan torehan empat medali emas, lima medali perak dan enam medali perunggu," tuturnya.

6. KONI Riau Minta 11 Cabor Mulai Fokus Persiapkan Atlet ke Porwil 2019

KONI Riau meminta kepada 11 cabang olahraga (cabor) yang berlaga di Porwil X Sumatera 2019 untuk menelaah nomor-nomor pertandingan yang telah ditetapkan saat rapat koordinasi teknis dengan PB Porwil beberapa waktu lalu.

"Kita sudah menggelar audiensi dengan 11 cabor yang dipertandingkan di Porwil 2019 dan meminta setiap cabor ini untuk menelaah nomor yang telah ditetapkan," kata Sekretaris Umum KONI Riau, Deni Ermanto kepada Riau1.com, Jumat 29 Maret 2019.

Deni melanjutkan, pihaknya juga meminta kepada 11 cabor ini untuk mempelajari kuota yang juga telah ditetapkan oleh PB Porwil Bengkulu. Karena ada beberapa cabor yang nomor pertandingannya tidak ada di Porwil tapi dipertandingkan di Pra PON.

"Karena nomor pertandingan sudah ditetapkan, kita berharap setiap cabor sudah mulai melakukan persiapan dengan serius. Kita perkirakan sebulan sebelum Porwil akan kita gelar pelatda terpusat yang ditangani KONI Riau," tuturnya.

7. Sebelum Pelatda, KONI Riau Minta 11 Cabor Siapkan Program Latihan dan Kelengkapan Data Atlet

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau akan melaksanakan pemusatan latihan daerah (pelatda) sekitar bulan Oktober 2019 atau tepatnya satu bulan sebelum pelaksanaan Porwil X Sumatera 2019.

Sekretaris Umum KONI Riau, Deni Ermanto mengatakan, sebelum pelaksanaan pelatda tersebut, pihaknya meminta kepada 11 cabang olahraga (cabor) untuk segera mempersiapkan kelengkapan administrasi.

"Hari Rabu 3 April 2019, kita minta 11 cabor tersebut untuk segera menyerahkan kelengkapan administrasi, mulai dari program latihan, data atlet dan prediksi yang ingin dilaksanakan pada Porwil 2019 nanti," katanya.

"Karena jika dilihat, dari hasil penetapan nomor pertandingan, ada beberapa potensi dan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh 11 cabor di Porwil nanti," sebut Deni kepada Riau1.com, Sabtu 30 Maret 2019.





Loading...