Senin, 25 Maret 2019

TOP

Dari Melunaknya Pemko Pekanbaru Soal Tunjangan Profesi Guru Hingga Dibangunnya 17 Jalur Kereta Api di Riau

news24xx


Para guru membubarkan diri saat mengetahui Wali Kota Pekanbaru Firdaus keluar kota, Jumat (8/3/2019). Mereka menilai diskusi selanjutnya tak diperlukan lagi. Foto: Surya/Riau1. Para guru membubarkan diri saat mengetahui Wali Kota Pekanbaru Firdaus keluar kota, Jumat (8/3/2019). Mereka menilai diskusi selanjutnya tak diperlukan lagi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru melunak ajak guru diskusi soal polemik tunjangan profesi, 17 jalur kereta api akan dibangun di Riau, Tjahjo Kumolo perintahkan Satpol PP Damkar hingga Linmas di Pekanbaru turut amankan Pilpres 2019, Mendagri Tjahjo Kumolo minta pemda proaktif jemput blangko KTP-el ke Jakarta, dan Wali Kota Pekanbaru tak muncul diajak rapat dengan guru adalah lima berita pilihan Riau1.com pekan ini.

1. Pemko Pekanbaru Melunak, Ajak Guru Diskusi Soal Polemik Tunjangan Profesi

Para guru bersertifikasi mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa menuntut tunjangan profesi ke Pemko Pekanbaru dalam waktu dekat. Namun, aksi ini dicegah Pemko Pekanbaru dengan mengajak berdiskusi.

Setelah sempat mengeluarkan ucapan tegas, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer akhirnya melunak. Perwakilan guru yang mengancam berunjuk rasa akan diajak berdialog.

"Kami harapkan ada perwakilan yang berdiskusi dengan kami. Supaya bisa jelas. Jangan sampai miskomunikasi," kata M Noer saat diwawancarai di sela-sela HUT Damkar ke-100 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Senin (4/3/2019).

Para guru yang bersertifikasi itu diajak bertemu untuk membahas hal yang dibolehkan dan yang tidak dibolehkan sesuai aturan. Diakuinya, guru bersertifikasi memang ada beberapa orang yang diberi tunjangan profesi dengan catatan.

2. Wah, 17 Jalur Kereta Api akan Dibangun di Riau, Berikut Daerah yang Terhubung dan Rutenya

Sejumlah daerah di Provinsi Riau akan disatukan dengan jalur kereta api seperti di pulau Jawa. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau sudah merencanakan 17 jalur kereta api yang akan dibangun.

Kepala Dishub Riau M Taufiq dalam presentasinya di hadapan dua orang perwakilan menteri PUPR dan menteri Perhubungan saat Seminar Riau Outlook 2019-2024 di Hotel Aryaduta Pekanbaru, beberapa hari lalu, memaparkan keinginan Provinsi Riau membangun 17 jalur kereta api. Rencana pembangunan jalur kereta api hasil kajian pada 2018.

"Ada 17 jalur kereta api yang akan menghubungkan daerah-daerah di Riau. Kami juga akan membangun Light Rail Transit atau kereta api ringan di Kota Pekanbaru," katanya.

Jalur yang akan dibangun antar lain, Pekanbaru-Perawang-Buatan-Tanjung Buton dengan panjang 124,5 kilometer. Jalur kereta api Dumai-Pelintung-Buruk Bakul-Tanjung Buton dengan panjang 135,5 kilometer.



BACA JUGA : Dari Jembatan Siak IV yang Dibuka Setelah 30 Hari Diresmikan Hingga Berakhirnya Aksi Ratusan Masyarakat Koto Aman Usai 2 Pekan Bertahan di Bawah Flyover

3. Tjahjo Kumolo Perintahkan Satpol PP, Damkar Hingga Linmas di Pekanbaru Turut Amankan Pilpres 2019

Pasukan Pemadam Kebakaran (Damkar) terus dioptimalkan dalam melayani masyarakat. Sekecil apapun yang diperlukan oleh warga di satu kota, Damkar, Satpol PP, dan Linmas harus bisa terjun semaksimal mungkin.

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai upacara HUT ke-100 Damkar, Satpol PP ke-69, dan Linmas ke-57 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Rabu (6/3/2019).

"Kami ingin terus mengoptimalkan Damkar, Satpol PP, dan Linmas untuk sepenuhnya melayani masyarakat," katanya.

4. Mendagri Tjahjo Kumolo Minta Pemda Proaktif Jemput Blangko KTP-el ke Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pemerintah daerah (pemda) proaktif menjemput blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) ke Jakarta. Pemda diharapkan tidak menunggu blangko KTP-el ke daerah.

"Blangko KTP-el tidak ada alasan kurang. Tinggal proaktif mengambil ke Jakarta," tegas Mendagri usai upacara HUT ke-100 Damkar, Satpol PP ke-69, dan Linmas ke-57 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Rabu (6/3/2019).

Informasi yang dihimpun, pelayanan pencetakan KTP-el di sejumlah kabupaten dan kota di Riau terhenti sejak tahun lalu. Pasalnya, blangko KTP-el kosong.



BACA JUGA : Mulai dari Pelecehan Siswi SMP Hingga Ancaman Sanksi BKPSDM Pekanbaru Terkait Demo Guru

5. Wali Kota Pekanbaru Tak Muncul Diajak Rapat, Puluhan Guru Ricuh dan Ancam Demo Lagi

Puluhan guru tak berhasil menemui dan berdialog ke Wali Kota Pekanbaru Firdaus di ruangan pertemuan, Jumat (8/3/2019). Akhir, mereka "mengamuk" dan keluar dari ruang pertemuan.

Protes para guru ini muncul ketika Ketua PGRI Kota Pekanbaru Defi Warman dipanggil dan rapat tertutup bersama Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer, Kepala Dinas Pendidikan Abdul Jamal, pejabat lainnya. 

Para guru ini merasa tak dihargai karena tak diajak berdialog. Tak lama kemudian, Defi Warman kembali muncul ke ruangan rapat.