Senin, 25 Maret 2019

TOP

Mulai dari Gencarnya Bapenda Pekanbaru Tarik Pajak Hingga Guru Bersertifikasi Tak Akan Dapat Tunjangan Profesi, Lima Berita Sepekan Ini

news24xx


Dari kanan: Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Direktur Pengendalian Hutan dan Lahan Kemen LHK Raffles B Panjaitan, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen (Pol) Widodo Eko Prihastopo saat Rapat Karhutla di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Foto: Su Dari kanan: Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Direktur Pengendalian Hutan dan Lahan Kemen LHK Raffles B Panjaitan, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen (Pol) Widodo Eko Prihastopo saat Rapat Karhutla di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Foto: Su

RIAU1.COM -Bapenda Pekanbaru Gencar Tarik Pajak ke Perumahan Warga Mulai Kini, Dishub Pekanbaru Minta Warga Tak Buang Sampah di Flyover, 210 Titik Api Muncul di Riau Sepanjang Januari - Februari 2019, Komisioner Baru di KPU Pekanbaru Diumumkan Maret 2019, Komisioner Baru di KPU Pekanbaru Diumumkan Maret 2019 merupakan berita terbaik pilihan Riau1.com. Lima berita ini layak dibaca pekan ini.

1. Bapenda Pekanbaru Gencar Tarik Pajak ke Perumahan Warga Mulai Kini

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, Riau, gencar menarik Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ke rumah-rumah warga. Penarikan PBB ini dibantu pihak kecamatan, kelurahan, ketua RW, dan ketua RT setempat.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin saat diwawancarai di Hotel Grand Central, Senin (25/2/2019), mengatakan, Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) sudah dicetak. Bahkan, SPT PBB ini juga sudah diserahkan kepada para camat. Dari camat, SPT PBB ini disebar ke kelurahan, ketua RW, dan ketua RT agar sampai ke tangan masyarakat sebagai pembayar pajak.

"Unit Pelaksana Teknis Dinas bekerja sama dengan para lurah dalam menyerahkan SPT PBB itu ke perumahan-perumahan melalui ketua RT dan ketua RW," ungkap Ami, panggilan akrabnya.

2. Dishub Pekanbaru Minta Warga Tak Buang Sampah di Flyover

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru meminta warga agar tidak membuang sampah di jembatan layang (flyover). Hal ini bisa membahayakan pengendara yang melintas dengan kecepatan tinggi.

Pantauan Riau1.com, tumpukan sampah didapati di Flyover Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai dan Flyover Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Harapan Raya. Hampir setiap pagi, tumpukan sampah didapati di dua flyover. Bahkan, kantong berisi sampah itu sengaja digantung di pagar pembatas flyover.

Pelaksana Tugas (Plt) Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso juga mendapati hal yang sama. Ia menyayangkan perbuatan warga yang membuang sampah di flyover.



BACA JUGA : Dari Jembatan Siak IV yang Dibuka Setelah 30 Hari Diresmikan Hingga Berakhirnya Aksi Ratusan Masyarakat Koto Aman Usai 2 Pekan Bertahan di Bawah Flyover

3. 210 Titik Api Muncul di Riau Sepanjang Januari - Februari 2019

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau terpantau Satelit Terra Aqua sebanyak 210 titik api hingga 25 Februari 2019. Jumlah titip api ini meningkat dibandingkan pada bulan Januari 2019 yang hanya 8 titik.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Penanganan Darurat Bencana Karhutla Provinsi Riau di Roesmin Nurjadin Pekanbaru, jumlah titik api pada Februari 2019 mencapai 210 titik. Padahal pada Januari 2019 titik api hanya 8 titik.

Berdasarkan data tim di lapangan, karhutla hanya terjadi di lahan gambut pada periode 1 Januari 2019 hingga 25 Februari 2019. Luas lahan yang terbakar sekitar 695 hektare.

Sementara itu, karhutla pada Februari 2018 didapati 110 buah. Jumlah titik api meningkat tajam dibandingkan Januari 2018 yang hanya 2 titik.

4. Komisioner Baru di KPU Pekanbaru Diumumkan Maret 2019

Jabatan para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru akan berakhir pada 5 Maret 2019 nanti. Saat ini, para komisioner baru sedang menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh para komisioner KPU Provinsi Riau.

"Saya juga ikut fit and proper test lagi sebagai komisioner KPU Pekanbaru. Para calon komisioner di kabupaten dan kota se-Provinsi Riau juga menjalani seleksi yang sama," kata Ketua KPU Kota Pekanbaru Yelli Nofiza saat ditemui di ruangannya beberapa waktu lalu. 

Para calon komisioner KPU kabupaten dan kota ini diuji oleh komisioner KPU Provinsi Riau yang baru saja dilantik. Uji fit and proper test ini digelar di Hotel Premiere Pekanbaru pada 26 Februari lalu.



BACA JUGA : Mulai dari Pelecehan Siswi SMP Hingga Ancaman Sanksi BKPSDM Pekanbaru Terkait Demo Guru

5. Pemko Pekanbaru Pastikan Guru Bersertifikasi Tak Akan Dapat Tunjangan Profesi

Pemko Pekanbaru tidak akan memberikan tunjangan profesi bagi para guru yang bersertifikasi. Pasalnya, Pemko Pekanbaru tidak ingin membayar tunjangan sertifikasi dan tunjangan profesi sekaligus kepada guru bersertifikasi seperti yang diterapkan di kabupaten lain di Provinsi Riau.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer usai rapat bersama KPK di kantor wali kota, Jumat (1/3/2019).

"Kami sudah sampaikan bahwa pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik. Sekali lagi, kami tidak mau digiring untuk memberikan kemauan seseorang itu dengan aturan yang sudah ada," tegasnya.