Rabu, 20 Februari 2019

TOP

Dari Meledaknya Smartphone Aldo S9, Penghargaan Golden Award Siwo PWI untuk KONI Riau Hingga akan Diresmikannya 'Jembatan 4 Gubernur'

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Baru-baru ini, para pegawai Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau dihebohkan dengan peristiwa meledaknya sebuah smartphone milik salah seorang pegawai saat sedang mengisi daya.

Akibat ledakan smartphone yang diketahui merupakan produk vendor lokal, yakni Aldo S9, pemilik smartphone mengalami cidera pada wajahnya karena terkena serpihan ledakan smartphone tersebut.

Sementara itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau mendapati penghargaan Golden Award dari Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam acara Hari Pers Nasional (HPN).

KONI Riau dinilai layak mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasinya dalam membina para atlet Riau hingga meraih prestasi baik tingkat nasional dan juga internasional. Serta memiliki kepedulian terhadap wartawan olahraga Riau yang juga menjadi atlet.

Selain itu, penantian masyarakat Riau selama lima tahun sejak masa kepemimpinan Gubernur Riau Rusli Zainal akan terwujud, Jembatan Siak IV dalam waktu dekat segera diresmikan oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim tanggal 14 Februari 2019 mendatang.

Peresmian ini sudah akan terealisasi setelah pihak Kementerian PUPR bersama dengan sejumlah ahli dari tiga universitas ternama di Indonesia untuk meninjau langsung proses uji beban terhadap jembatan yang kini diberi nama Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit).

Berikut Riau1.com kabar di Bumi Lancang Kuning dalam sepekan, mulai dari peristiwa meledaknya smartphone milik pegawai Diskominfotik Riau, pengharapan Golden Award Siwo PWI yang diraih oleh KONI Riau serta akan diresmikannya 'Jembatan 4 Gubernur'.

1. Aldo S9 Milik Pegawai Diskominfotik Riau Meledak saat Dicas

Kantor Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau mendadak heboh, Senin 4 Februari 2019, siang sekitar pukul 11.00 WIB setelah adanya suara ledakan di ruang bagian komunikasi informatika.

Ledakan tersebut bersumber dari ponsel salah seorang Tenaga Harian Lepas (THL) Diskominfotik Riau, bernama Navia (27) yang sedang mengisi daya. Sontak, kejadian tersebut membuat para pegawai di lokasi terkejut.

Alhasil, akibat kejadian itu, korban langsung dilarikan ke RS Awal Bros A Yani untuk mendapatkan perawatan medis setelah wajahnya menderita luka robek karena terkena serpihan smartphone tersebut.

2. KONI Riau Dapat Penghargaan Golden Award Siwo PWI

Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau memilih Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau untuk mendapat penghargaan Golden Award dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019.



BACA JUGA : Dari Tewasnya Eks Bomber PSPS Riau Hingga Kekecewaan Masyarakat karena Jembatan Siak IV Hanya 'Pajangan' Setelah Diresmikan

KONI Riau masuk sebagai salah satu penerima penghargaan Golden Award Siwo PWI Riau yang diajukan oleh Siwo PWI Riau setelah adanya penilaian prestasi yang telah diraih dalam kurun waktu beberapa tahun ini.

Mulai dari tuan rumah penyelenggaraan PON XVIII di Riau tahun 2012, jadi peserta PON XIX di Jabar, serta partisipasi dan prestasi atlet Riau yang turut menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam event internasional seperti Asian Games dan Sea Games.

3. Penghargaan Golden Award Siwo PWI, 'Cambuk' Bagi Pengurus KONI Riau Tingkatkan Prestasi Olahraga

Penghargaan Golden Award untuk KONI Riau dari Siwo PWI Pusat atas dedikasi dalam membina atlet daerah di Bumi Lancang Kuning hingga menorehkan prestasi di tingkat provinsi, nasional dan internasional, diharapkan bisa menjadi pemicu untuk peningkatan prestasi.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengatakan, penghargaan yang diberikan ini bisa menjadi pelecut bagi para pengurus KONI Riau untuk menambah motivasi agar bisa meningkatkan prestasi yang telah diraih para atlet Riau diberbagai kejuaraan bergengsi.

"Sebab prestasi itu diberikan penghargaan oleh pihak lain. Ini juga sebagai penguatan bagi KONI Riau untuk bisa mempertahankan juara umum di Porwil Sumatera X 2019 di Bengkulu nanti," kata Emrizal Pakis, Selasa 5 Februari 2019.

"Selain Porwil 2019, penghargaan juga sebagai penyemangat kita pengurus KONI Riau dan para pengprov untuk mempersiapkan atlet terbaik untuk menghadapi PON XX 2020 di Papua," tambahnya.

4. Uji Beban Sebelum Peresmian, 24 Truk Seberat 34 Ton Melintas di Jembatan Siak IV

Jelang peresmian jembatan Marhum Bukit atau lebih dikenal dengan jembatan Siak IV, tim Kementerian PUPR bersama Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKTJ) melakukan uji beban, Jumat 8 Februari 2019 siang.

Pantauan Riau1.com di lokasi, uji beban jembatan yang sempat mangkrak selama lima tahun itu dilakukan dengan menggunakan 24 kendaraan truk bertonase besar, yang masing-masing memiliki beban sekitar 34 ton.

Project Manager PT Brantas Abipraya, Hidayatullah mengatakan, pelaksanaan uji beban ini akan berlangsung hingga Jumat tengah malam nanti dengan dua proses pengujian, uji dinamis dan uji statis.

"Uji dinamis dilakukan dengan satu kendaraan dengan beban 34 ton, untuk mengetahui rambatan goyangan jembatan dan nanti dilanjutkan dengan uji statis untuk melihat ketahanan jembatan menggunakan 24 unit truk," katanya.

Hidayatullah melanjutkan, hasil uji beban ini nanti akan menjadi dasar untuk sertifikat layak operasi yang nantinya akan dikeluarkan oleh Kementerian PUPR cq Bina Marga.

Seperti yang diketahui, jembatan yang dibangun sejak masa pemerintahan Gurbernur Riau, Rusli Zainal ini menjadi penghubung antara Kecamatan Rumbai Pesisir dan pusat Kota Pekanbaru.



BACA JUGA : Dari Kacaunya Pikiran Kepala SDN 121 Pekanbaru Hingga Dicegatnya 2 Pesawat Komersil dalam 3 Bulan Terakhir

Dari perencanaan dan rancangan awal, jembatan yang memiliki bentangan sekitar 800 meter di atas sungai Siak ini didesain untuk mampu menampung beban sebesar 4.000 ton.

5. Asri Auzar: Jembatan Siak IV Ikon Pekanbaru dan 5 Tahun Penantian Masyarakat

Hanya tinggal menunggu hari, jembatan Marhum Bukit (Siak IV) yang telah dinanti masyarakat Riau, khususnya Kota Pekanbaru sejak lima tahun silam ini akhirnya telah memasuki tahap penyelesaian.

Memasuki tahap pengerjaan 75 persen, pihak Kementerian PUPR, tim KKTJ dan juga tiga orang profesor para pakar ahli jembatan dari tiga universitas ternama, UI, UGM dan ITB melakukan pengecekan langsung uji jembatan Siak IV di Kota Pekanbaru.

Anggota Komisi IV DPRD Riau, Asri Auzar mengatakan, hasil uji beban jembatan Siak IV ini nantinya akan dihitung kembali oleh para ahli dari UGM, ITB dan UI untuk melihat dan memastikan layak atau tidaknya.

"Alhamdulillah, setelah hampir lima tahun mangkrak, jembatan Siak IV ini akhirnya selesai dan sekarang masuk dalam proses uji beban," kata Asri kepada Riau1.com saat ditemui di Jembatan Siak IV, Jumat 8 Februari 2019.

Asri menambahkan, setelah dilakukan uji beban ini, para ahli ini nantinya akan kembali dilakukan penghitungan untuk memastikan 'Jembatan 4 Gubernur' itu layak untuk dioperasikan dan mampu menahan beban untuk kendaraan yang melintas.

6. Peresmian Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Siak IV) Digelar 14 Februari 2019

Progres pembangunan Jembatan Siak IV atau yang kini telah diberi nama Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit) sudah hampir rampung. Ini ditandai dengan pelaksanaan uji beban yang dilakukan Jumat 8 Februari 2019 kemarin.

Kepala Dinas PUPR Riau, Dadan Eko Purwanto mengatakan, peresmian jembatan penghubung antara Kecamatan Rumbai Pesisir dengan pusat Kota Pekanbaru itu akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2019 mendatang.

"Jadwal peresmiannya tidak ada perubahan, masih tetap tanggal 14 Februari 2019. Jembatan ini diberi nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah," kata Dadang kepada Riau1.com.

Dadang melanjutkan, pada acara peresmian nanti, semua pihak akan diundang, seluruh elemen masyarakat, Gubernur Riau terpilih, Syamsuar, Ketua DPRD Riau dan juga seluruh anggota Komisi IV DPRD Riau.

"Sementara ini masih ada beberapa pekerjaan yang masih belum selesai, seperti pemasangan pagar, pengaspalan, pemasangan lampu dan lain sebagainya. Kita pastikan dalam minggu ini semua rampung," tuturnya.