Sabtu, 20 April 2019

TOP

Mulai dari Atlet PPLP 'Digantung' Kuota Popnas Papua Hingga Strategi KONI Riau Hadapi Porwil Bengkulu

news24xx


Para atlet atletik PPLP Riau Para atlet atletik PPLP Riau

RIAU1.COM - Tahun 2019 ini, para atlet Riau mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi dua event olahraga yang nantinya akan menjadi penentu untuk bisa mewakili Bumi Lancang Kuning pada PON XX di Papua tahun 2020 mendatang.

Dua event olahraga yang akan dilalui para atlet Riau tahun ini ialah Porwil yang akan digelar di Bengkulu akhir 2019 mendatang dan Pra PON yang juga digelar di tahun yang sama.

Pada Porwil 2019 di Bengkulu tidak hanya menjadi perhatian para atlet, namun juga perhatian KONI Riau, sebab melalui ajang multi event terakbar se-Sumatera itu, Riau menargetkan untuk mempertahankan gelar juara umum.

Sementara itu, atlet pelajar Riau yang dibina oleh PPLP Dispora Riau juga terus menjalani latihan untuk menghadapi Popnas 2019 yang akan digelar di ujung timur Indonesia.

Di sini, Riau1.com akan merangkum kabar olahraga Riau dalam sepekan terakhir, mulai dari strategi KONI Riau hadapi Porwil 2019 dan 'nasib' atlet PPLP yang masih menunggu kepastian mengikuti Popnas 2019 Papua.

1. KONI Riau Tunggu Kepastian Cabor yang akan Dipertandingkan di PON 2020

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengatakan, sejauh ini penyelenggara masih belum menentukan cabor maupun nomor yang akan dipertandingkan pada Porwil 2019.

"Porwil tahun ini tidak seperti Porwil sebelumnya, ada beberapa cabor yang tidak dipertandingkan seperti pencak silat. Kemudian kempo yang rencananya dipertandingkan pada Porwil, tapi tidak jadi," kata Emrizal, Senin (28/1/2019).

Meski masih menunggu cabor yang dipertandingkan, Emrizal mengungkapkan, pihaknya tetap mempersiapkan atlet untuk menghadapi Porwil, khususnya cabor-cabor yang tetap dipertandingkan pada Porwil.

"Ada enam cabor yang dipastikan masih dipertandingkan di Porwil, yakni atletik, renang, catur, basket, badminton dan sepakbola. Sekarang ini kita masih dalam persiapan atletnya," tukasnya.



BACA JUGA : Mulai Aksi Demo Guru di Kantor DPRD Pekanbaru Hingga Patrolinya Bawaslu Bersama Polisi Waspadai 'Serangan Fajar'

2. Cabor Renang Riau Butuh 10 Atlet di Porwil 2019

Untuk olahraga akuatik ini, KONI Riau optimis bisa meraih hasil maksimal dan prestasi yang membanggakan bagi Riau.

Sebab, ada dua perenang putri andalan Riau, yakni Vanesa dan Azzahra yang sudah tidak diragukan lagi prestasinya, baik ditingkat daerah, nasional hingga internasional.

Hal itu dikatakan Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis kepada Riau1.com saat ditemui di Kantor KONI Riau, Jalan Gajahmada, Pekanbaru, Senin (28/1/2019). "Untuk renang, kita ada dua andalan untuk atlet putri," ucapnya.

Emrizal mengatakan, meski ada dua perenang andalan, Riau membutuhkan sekitar 10 orang atlet untuk bertanding di Porwil yang direncanakan digelar akhir tahun 2019 nanti di Bengkulu.

"Kita perlu 10 atlet untuk di cabor renang, terdiri dari lima perenang putra dan perenang putri. Sekarang ini, kita sedang menjaring atlet renang andalan Riau lainnya," katanya.

3. KONI Riau Harapkan Atlet Peraih Emas di Kejurnas 2018 untuk Porwil 2019

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengatakan, sepanjang tahun 2018 sudah cukup bagi setiap cabang olahraga (cabor) untuk memilih dan menetapkan atlet yang akan turun di Porwil, Pra PON dan PON 2020.

"Tahun 2019 ini bukan lagi waktu mencari atlet, tapi sudah mematangkan atlet. Karena tahun 2018 lalu kita sudah tetapkan atlet sesuai dengan nomor yang akan dipertandingkan," kata Emrizal kepada Riau1.com, Selasa (29/1/2019).

Menyoal atlet yang akan diturunkan pada Porwil 2019 di Bengkul, Pra PON dan juga PON XX di Papua tahun 2020 nanti, Emrizal mengungkapkan, atlet yang berprestasi di kejurnas tahun 2018 akan menjadi andalan Riau.

"Atlet andalan kita, adalah atlet yang meraih prestasi medali emas, medali perak dan medali perunggu pada berbagai kejuaraan nasional di tahun 2018 lalu," ungkapnya.

4. Persiapan Porwil 2019, KONI Riau Panggil 5 Cabor

Di awal persiapan ini, KONI Riau memanggil sebanyak lima pengurus provinsi (pengprov) cabor dan menggelar rapat audiensi di Kantor KONI Riau yang dipimpin langsung Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis.



BACA JUGA : Mulai dari Ditertibkannya 80 APK Caleg Hingga 57 KK Rusunawa Rumbai Pekanbaru Terancam Diusir Usai Pemilu 2019

"Ada sekitar lima cabor yang kita panggil hari ini, biliar, catur, basket, atletik dan bulutangkis," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis kepada Riau1.com, Rabu, 30 Januari 2019.

Emrizal menuturkan, dari hasil rapat audiensi ini, pihaknya mengecek sejauh mana persiapan kelima cabor ini untuk menghadapi Porwil 2019, baik itu atletnya, latihannya hingga targetnya.

Masih kata Emrizal, dari rapat audiensi dengan cabor ini, KONI Riau bisa memprediksi berapa jumlah medali yang bisa diraih Riau pada Porwil 2019 nanti.

"Nantinya, untuk beberapa kebutuhan cabor akan kita upayakan agar terpenuhi. Harapan kita, pada Porwil ini Riau bisa kembali mempertahankan juara umum," pungkasnya.

5. Menanti Kuota Atlet, Cabor Atletik PPLP Riau Fokus Latihan untuk Popnas 2019 Papua

Menjelang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 yang akan digelar di Papua, para atlet PPLP dari cabang olahraga atletik masih giat menjalani latihan rutin.

Pelatih atletik PPLP Riau, Hasnor mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menentukan atlet yang akan diberangkatkan mengikuti Popnas 2019 di Papua.

Sebab, dirinya belum mendapatkan jumlah pasti kuota atlet yang akan diberangkatkan mengikuti ajang multi event pelajar terakbar se-Indonesia tersebut.

"Sekarang ini kita masih menjalani latihan rutin untuk persiapan menghadapi Popwil," kata Hasnor kepada Riau1.com, Selasa (29/1/2019) melalui selularnya.

Melihat prestasi olahraga Riau beberapa tahun terakhir ini yang terus meningkat, tentu besar harapan agar para atlet Riau, baik atlet umum maupun yang tergabung dalam PPLP Riau untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi.

Dengan tujuan mengangkat nama Riau dikancah olahraga nasional dan menjadi daerah penghasil atlet berpotensi untuk tanah air.