Selasa, 20 Agustus 2019

TOP

Mulai Dari Bedah APBD 2019 Hingga 10 Tahun Penantian Jembatan Siak IV

news24xx


Jembatan Siak IV Jembatan Siak IV

RIAU1.COM - Sejumlah informasi di Riau tampaknya menjadi perhatian masyarakat. Mulai dari bedah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun Anggaran 2019 hingga berita mengenai Jembatan yang sudah sekian lama di nantikan warga Kota Pekanbaru yakni Jembatan Siak IV. 

Jembatan yang mulai dibangun sejak tahun 2009 ini membutuhkan waktu 10 tahun hingga akhirnya dapat dinikmati sebagai alternatif lalu lintas masyarakat kota Pekanbaru arah di kawasan jalan Jendral Sudirman dan Rumbai Pesisir. 

Berikut sejumlah berita yang dirangkum Riau1.com dalam kumpulan berita sepekan.

1. APBD Riau 2019 Rp9,1 T, Sekdaprov : Semoga Bisa Perbaiki Ekonomi Daerah

Pemprov Riau telah menerima Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 sebesar Rp9,1 triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun 2018 lalu yang hanya sebesar Rp8,9 triliun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, bahwa adanya peningkatan APBD 2019 ini tentunya memberi harapan baru bagi Pemprov Riau agar program-program pembangunan dapat berjalan di tahun 2019 dengan lebih baik dan lancar.

Hal ini mengingat, saat ini masih banyak di daerah-daerah yang masih kekurangan infrastruktur, ketertinggalan sumber daya manusia dan juga mengentas kemiskinan.

2. Duduki Peringkat 5, Ekonomi Riau Terbaik di Luar Pulau Jawa

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Siti Astiyah menyebutkan kondisi ekonomi nasional pada Triwulan ke III pada 2018 tumbuh 5,17 %. Ini cukup tinggi di tengah ekonomi global yang sangat bergejolak. 

Dari jumlah pertumbuhan ekonomi nasional pada Triwullan III tersebut, ternesar disumbang oleh pulau Jawa sebesar 58,5 persen kemudian Sumatera 22 persen, Kalimantan 7,9 persen dan sisanya dari daerah lain.

Siti juga menyampaikan bahwa Kondisi Ekonomi Riau tumbuh 2,28 persen. Ini merupakan peringkat 5 terbesar di Indonesia atau 1 terbesar di luar pulau jawa.



BACA JUGA : Mulai dari Melonjaknya Harga Cabai di Pekanbaru Hingga Anak Tukang Tambal Ban Lulus Seleksi Bintara Polri

3. Nilai Ada Ketimpangan dan Tak Pro Rakyat, Syamsuar Soroti APBD Riau Rp9,1 Triliun

Gubernur Riau terpilih Syamsuar menilai, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2019 yang sudah disahkan sebesar Rp9,185 triliun masih ada ketimpangan. Pasalnya, anggaran yang dikucurkan untuk belanja langsung (gaji pegawai) lebih besar dari belanja tak langsung (peningkatan kesejahteraan masyarakat). 

Syamsuar menyebutkan, total APBD Riau Rp9,1 triliun, Rp5,07 dialokasikan untuk belanja tak langsung. Sisanya, Rp4,10 untuk belanja langsung.

"Belanja pegawai, perjalanan dinas dan biaya lainnya seperti makan minum masih besar angkanya. Ini hasil survey Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Makanya kedepan harus diperbaiki," jelasnya.



BACA JUGA : Mulai dari Dinas PUPR Pekanbaru Potong Kanopi Ruko Hingga MBC Hotel Minta Dispensasi

4. Soal Jembatan Siak IV, Gubri: Man Jadda Wa Jadda

Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim dalam sambutannya pada kegiatan cerimonial enclosure (pengecoran terkahir) di Jembatan Siak IV mengatakan kuncinya hanya satu, yakni Man Jadda Wa Jadda.

Man Jadda Wa Jadda, saya perintahkan saudara Dadang (Kadis PUPR Riau) tutup kupingnya seerat-eratnya terima segala salah. Siapa laju tak laju saya terima. Tunggu perintah saya, dan itu dilaksanakan oleh pak Dadang dalam proyek Jembatan Ini. Kuncinya satu, Man Jadda Wa Jadda" ujar Wan Thamrin Hasyim, Jumat (25/1/2019).

Jembatan Siak IV ini merupakan akses penting bagi masyarakat Riau, Khususnya Pekanbaru. Dengan dilakukannya, cerimonial enclosure ini maka pekerjaan utama fisik jembatan telah selesai dan dapat menghubungkan dua sisi Kota Pekanbaru.

5. 10 Tahun Penantian, Jembatan Siak IV Diresmikan 14 Februari

Jembatan siak IV memerlukan waktu yang cukup panjang dalam pengerjaanya agar dapat di nikmati masyarakat Kota Pekanbaru. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau Dadang Eko Purwanto mengatakan, jembatan yang menghubungkan Rumbai dan Jalan Jendral Sudirman ini telah melalui waktu 10 tahun dalam pengerjaannya. 

"Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang jembatan Siak IV hari ini sudah memasuki tahap cerimonial enlosure (pengecoran terkahir). Artinya, dalam waktu tidak lama lagi jembatan ini sudah bisa dilalui masyarakat" ujar Dadang. 

Jembatan Siak IV dibangun sejak tahun 2009-2019, dengan total anggaran Rp 440 miliar. Saat ini, pengerjaan Jembatan Siak IV sudah pada tahap finishing. 

Gubernur Riau, Wan Thamrin Juga Mengatakan, peresmian jembatan Siak IV sudah dapat dilakukan pada 14 Februari nanti. Setelah peresmian itu, barulah jembatan siak ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Pekanbaru.