Rabu, 20 Februari 2019

TOP

Olahraga Riau Sepekan, dari Pekanbaru sebagai Tuan Rumah Terbaik Proliga 2019 Hingga Dipilihnya Kuansing jadi Penyelenggara Porprov X 2021

news24xx


Portal Riau1.com Portal Riau1.com

RIAU1.COM - Kota Pekanbaru, Riau sukses menjadi homebase tim Surabaya Bhayangkara Samator dan diklaim sebagai tuan rumah terbaik kasta tertinggi liga voli Indonesia, Proliga musim 2019 putaran kedua.

Selain itu, antusias masyarakat Kota Pekanbaru juga sangat tinggi menyaksikan pertandingan tim-tim voli profesional di Gelanggang Remaja Pekanbaru, dibuktikan dengan ludesnya 10.400 tiket yang disediakan oleh pihak panitia.

Pada pekan ini pula, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mendapat kehormatan setelah terpilih sebagai tuan rumah Porprov X Riau tahun 2021 mendatang, setelah unggul dari dua kandidat lainnya.

Kota Jalur itu mendapatkan 11 suara, sedangkan dua kabupaten/kota lainnya, Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatkan satu suara dan Kota Pekanbaru mendapatkan dua suara.

Berikut Riau1.com merangkum kabara dunia olahraga Riau dalam sepekan, mulai dari tuan rumah terbaik Proliga 2019 hingga Kabupaten Kuansing yang didapuk sebagai penyelenggara Porprov X Riau 2021.

1. 10.400 tiket Proliga 2019 putaran kedua seri Pekanbaru ludes.

Hal mengejutkan terjadi pada hari kedua dan ketiga pelaksanaan Proliga 2019 putaran kedua pekan kedua di Gelanggang Remaja Pekanbaru, dimana jumlah penonton yang datang ingin menyaksikan pertandingan para tim voli profesional tanah air membeludak.

Dari semula pihak Panitia Proliga 2019 seri Pekanbaru hanya menyediakan total 7.000 tiket untuk tiga hari pertandingan, panitia menambah cetak tiket, hingga total mencapai 10.400 tiket selama tiga hari pertandingan Proliga 2019 di Pekanbaru.

Dari 10 ribu lebih tiket itu, masih banyak masyarakat yang datang ke Gelanggang Remaja Pekanbaru dari berbagai daerah di Riau kehabisan tiket dan terpaksa hanya menonton melalui smartphone-nya.

2. Pekanbaru tuan rumah terbaik Proliga musim 2019.

Proliga 2019 putaran kedua pekan kedua sukses dilaksanakan di Gelanggang Remaja, Kota Pekanbaru, Riau mulai tanggal 18 Januari hingga 20 Januari 2019 kemarin.

Wakil Direktur (Wadir) PT Proliga, Regi Nelwan menilai pelaksanaan dan penyelenggaraan Proliga 2019 yang dilakukan panitia lokal, yakni Pengcab PBVSI bersama KONI Kota Pekanbaru sudah sangat baik.



BACA JUGA : Dari Tewasnya Eks Bomber PSPS Riau Hingga Kekecewaan Masyarakat karena Jembatan Siak IV Hanya 'Pajangan' Setelah Diresmikan

"Terutama dari animo masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan voli dari tim-tim profesional, ini diluar perkiraan kita, terutama pada hari kedua dan hari terakhir pelaksanaan," kata Regi kepada Riau1.com.

Dengan suksesnya pelaksanaan Proliga 2019 putaran kedua di Gelanggang Remaja ini, Regi mengklaim Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah terbaik event Proliga 2019, jika dibandingkan dengan kota-kota sebelumnya yang sudah menjadi tuan rumah.

3. PRSI Riau akan Seleksi 30 Perenang Senior untuk Porwil 2019.

Pengurus Provinsi (Pengprov) Perstuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Riau akan menggelar Seleksi Provinsi (Selekprov) pada bulan Maret 2019 mendatang.

Seleksi ini digelar untuk menjaring atlet renang senior daerah yang memiliki potensi untuk nantinya menjadi tim Riau menghadapi Porwil 2019.

"Selekprov ini kita gelar pada bulan Maret 2019, untuk mnejaring para perenang terbaik Riau dari daerah," kata Wakil Ketua Pengprov PRSI Riau, Deni Ermanto kepada Riau1.com.

Dari 30 atlet yang mengikuti seleksprov itu, Deni mengungkapkan, akan diseleksi sebanyak 15 orang atlet, putra dan putri untuk mengikuti Porwil 2019 di Bengkulu.

4. Sanksi Hati Nurani untuk Pengurus KONI Riau.

Menindak lanjuti evaluasi terhadap kinerja para pengurus, Ketua KONI Riau sudah membentuk tim untuk melakukan evaluasi dan membahas masalah kedisiplinan pengurus dan pegawai KONI Riau.

Hal itu dikatakan Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis kepada Riau1.com. "Kita Riau sudah bentuk tim untuk mengevaluasi dan membahas masalah kedisiplinan pengurus dan pegawai KONI," ucapnya.

Mengenai sanksi yang akan diterapkan, Emrizal mengungkapkan, sanksi hari nurani lebih tepat. Dimana pengurus yang telah dipercaya untuk meningkatkan prestasi olahraga Riau harus menyediakan ruang dan waktu hadir di Kantor KONI Riau.

"Kita sudah diberi amanah dan kepercayan dalam meningkatkan prestasi olahraga di Riau, itu harus kita jalankan dengan memberi ruang dan waktu," tuturnya.



BACA JUGA : Dari Kacaunya Pikiran Kepala SDN 121 Pekanbaru Hingga Dicegatnya 2 Pesawat Komersil dalam 3 Bulan Terakhir

5. KONI Riau kejar prestasi Porwil dan Pra PON 2019 Disaat ada defisit Rp18 miliar.

Defisitnya Anggaran Pendapatan Belanja (APB) KONI Riau sebesar Rp18 miliar menjadi perhatian penuh Ketua KONI Riau, dikarenakan tahun 2019 ini ada dua event kejuaraan yang wajib diikuti oleh Riau untuk bisa berlaga di PON XX di Papua tahun 2020.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengatakan, APB KONI Riau 2019 dibanding dengan aktifitas yang dilakukan, nilainya jauh lebih kecil. Sedangkan untuk aktifitas Porwil dan Pra PON, membutuhkan dana yang cuku besar.

"Kalau kita hitung KONI Riau mengalami defisit anggaran sangat besar, dari Rp38 miliar yang kita ajukan, hanya Rp20 miliar yang direalisasikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau," kata Emrizal kepada Riau1.com.

Masih kata Emrizal, program Binpres ini menjadi perhatian utama. Sedangkan untuk kegiatan lainnya masih bisa dilakukan penghematan dan menunda, karena yang akan difokuskan adalah pembinaan atlet.

"Binpres menjadi perhatian utama kita untuk pembinaan atlet, kalau untuk kegiatan lainnya masih bisa dilakukan penghematan dan penundaan," tukasnya.

6. Kabupaten Kuansing jadi tuan rumah Porprov X Riau 2021.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terpilih sebagai tuan rumah Porprov X Riau tahun 2021 mendatang setelah unggul dari dua kabupaten/kota lainnya.

Kota Jalur unggul dengan 11 suara pada Musorprovlub KONI Riau dalam rangka pemilihan tuan rumah Porprov X Riau 2021 di Hotel Grand Central Pekanbaru.

Sedangkan dua kandidat lainnya, KONI Kota Pekanbaru mendapatkan dua suara dan KONI Kabupaten Kepulauan Meranti dengan satu suara dari total 14 suara.

Bupati Kuansing, Mursini berharap pelaksanaan Porprov X Riau 2021 di Kabupaten Kuansing bisa berjalan sukses, yang tidak hanya dalam pelaksanaan tapi juga memberi kesusksesan bagi prestasi olahraga Riau di tingkat nasional.

"Ini bukan perihal menang dan kalah, hasil keputusan ini adalah kemenangan olahraga Provinsi Riau untuk masa-masa yang akan datang," kata Mursini dalam sambutannya usai terpilih sebagai tuan rumah Porprov X Riau 2021.