ITP Sediakan Rusunawa untuk Mahasiswa, Tinggal Bawa Perlengkapan Pribadi

ITP Sediakan Rusunawa untuk Mahasiswa, Tinggal Bawa Perlengkapan Pribadi

18 Juni 2021
ITP Sediakan Rusunawa untuk Mahasiswa, Tinggal Bawa Perlengkapan Pribadi/jernihnews

ITP Sediakan Rusunawa untuk Mahasiswa, Tinggal Bawa Perlengkapan Pribadi/jernihnews

RIAU1.COM -Rusunawa ITP bantuan Kementerian PUPR RI yang mampu menampung 172 mahasiswa itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI Dr. H. Khalawi Abdul Hamid, M.Sc, MM dan pengguntingan pita di pintu utama rusun oleh Walikota Padang Hendri Septa.

Berikutnya didampingi Ketua Yayasan ITP, Drs. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd dan Rektor ITP, Dr. Ir Hendri Nofrianto, MT, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Walikota Padang Hendri Septa, Kapolda Sumbar dan Kejati Sumbar meninjau langsung fasilitas yang dimiliki Rusunawa ITP tersebut.

Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Institut Teknologi Padang (ITP) berlantai tiga di Jl. DPR kasawan By Pass telah diresmikan oleh Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI Dr. H. Khalawi Abdul Hamid, M.Sc, MM, Kamis (17/06/2021) sore. Rusunawa 43 kamar itu sudah lengkap dengan mobilernya, sehingga mahasiswa vokasi ITP yang akan menempatinya tinggal bawa koper pakaian dan peralatan kuliah.

"Fasilitasnya sudah seperti hotel, Pak Dirjen," kata Rektor ITP Hendri Nofrianto saat memasuki salah satu kamar yang telah dilengkapi dengan mobiler, seperti tempat tidur, kasur, meja, kursi dan lemari. "Mahasiswa tinggal bawa koper pakaian saja lagi ke sini," timpal Hendri Nofrianto lagi.

Sebelumnya, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam sambutannya memuji kegigihan Ketua Yayasan ITP Zulfa Eff Uli Ras dan Rektor ITP Hendri Nofrianto dalam memperoleh bantuan hibah rusunawa dari Kementerian PUPR. Karena yang mengajukan permohonan meminta rusunawa sangat banyak, sedangkan alokasi dan anggaran yang tersedia sangat terbatas.

Namun Ketua Yayasan ITP dan Rektor ITP tetap gigih memperjuangkannnya, sehingga pada akhirnya mendapat alokasi dari pemerintah. "Perjuangan dan kegigihan Pak Zulfa dan juga Rektor Hendri dalam mendapatkan rusunawa ini sangat luar biasa. Setelah diresmikan hari ini, manfaatkanlah rusunawa ini dengan baik. Tentu jangan hanya sekedar untuk tidur saja bagi mahasiswa. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilaksanakan di sini," kata Dirjen Perumahan Khalawi Abdul Hamid yang sempat bertugas di wilayah Sumbar selama 18 tahun.

Sewa Rp250 Ribu Perbulan

Loading...

Direncanakan Rusunawa ITP mulai ditempati mahasiswa vokasi pada bulan September 2021, seiring dimulainya kegiatan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Uang sewa kamar per orang Rp250.000, lebih murah dari sewa kos-kosan biasanya. Dana sewa akan digunakan untuk biaya operasional dan perawatan gedung rusunawa.

Sedangkan Gedung Perkuliahan Vokasi ITP di Kampus 2 ITP yang satu kawasan atau berhadap-hadapan dengan Rusunawa ITP akan selesai lantai satu dan lantai duanya pada Bulan Agustus depan.

"Gedung perkuliahan vokasi di Kampus 2 ITP ini kita rencanakan 5 lantai. Tahap pertama kita selesaikan lantai satu dan dua. Lantai satu untuk pelayanan administrasi, sedangkan lantai dua full untuk kegiatan perkuliahan. Kita sudah minta kepada Yayasan ITP agar pengerjaan lantai satu dan dua tuntas Agustus nanti," kata Rektor Hendri Nofrianto.

Ketua Yayasan ITP, Zulfa Eff Uli Ras, langsung mengkonfirmasi kesanggupan pihak yayasan untuk menyiapkan bangunan lantai satu dan lantai dua Kampus 2 ITP. "Insyaallah permintaan Pak Rektor bisa kita penuhi. Bulan Agustus nanti bisa tuntas," kata Zulfa yang berdiri bersebelahan dengan Rektor Hendri Nofrianto. (Jernihnews.com)