DMI Sumbar Himbau Masjid Gelar Sholat Jumat Hari Ini

DMI Sumbar Himbau Masjid Gelar Sholat Jumat Hari Ini

5 Juni 2020
Masjid Raya Sumbar/net

Masjid Raya Sumbar/net

RIAU1.COM -PADANG-Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Duski Samad sudah mengirimkan himbauan kepada masjid-masjid agar dibuka kembali dan mulai menggelar salat Jumat pada, Jumat (5/6/2020) hari ini.

Duski Samad mengatakan, pihaknya telah menyampaikan imbauan terhadap masjid-masjid agar kembali dibuka, seperti edaran agar masjid kembali dibuka seperti dari pemerintah dan majelis ulama.

“Masjid sudah kita buka hari ini, sudah banyak edaran, ini sesuai dengan akan berakhirnya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” katanya saat dihubungi langgam.id Jumat (05/06/2020).

Salat Jumat tersebut dapat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19 sesuai instruksi pemerintah.
 
Pihaknya telah mendorong pengurus masjid di semua kabupaten dan kota untuk memperhatikan itu lewat edaran. Semua harus mengacu kepada aturan kenormalan baru.

“Semua diharapkan menerapkan new normal, seperti menjaga jarak, pakai masker dan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini tidak ada data yang pasti berapa jumlah masjid di Sumbar. Semua memiliki data yang berbeda dari kabupaten kota, provinsi, Kanwil Kemenag, dan DMI. Namun jumlahnya berdasarkan data terakhir sekitar 5000 masjid.

Loading...

“Jadi tidak ada data yang pasti jumlahnya, tapi ada sekitar 5000. Insya Allah semua akan dibuka menggelar salat berjemaah,” katanya.

Ia mengimbau agar seluruh pengurus masjid agar melaksanakan salat jumat berjemaah sesuai dengan prosedur new normal, sesuai instruksi pemerintah daerah masing-masing.

“Kita minta semua pengurus masjid agar membuka masjid dan melaksanakan salat jumat hari ini sesuai prosedur dari pemerintah,” ujarnya.