Kunjungi Siak, Jampidsus Kejagung RI Kagumi Istana Asserayah Al Hasyimiah

Kunjungi Siak, Jampidsus Kejagung RI Kagumi Istana Asserayah Al Hasyimiah

13 November 2019
Kunjungan Jampidsus Kejagung RI Ari Toegarisman ke Istana Siak

Kunjungan Jampidsus Kejagung RI Ari Toegarisman ke Istana Siak

RIAU1.COM - Kehadiran Jampidsus Kejagung RI Ari Toegarisman didampingi Kajati Riau Uung Abdul Syukur serta Asdatun Kejati Riau dan Asintel Kejati Riau langsung menuju Istana Asserayah Al Hasyimiah yang disambut langsung oleh Bupati Siak Alfedri bersama Kajari Siak Aliansyah serta Kepala Dinas PUPR Siak, Irving Kahar.

Sambil berjalan menuju istana Siak bersama romobongan, Ari Toegarisman tampak kagum atas peninggalan sejarah kerajaan melayu Siak yang masih berdiri kokoh.

"Semuanya masih terlihat utuh dan begitu maju bangunan nya,jauh lebih maju dari sejarah yang ada di sini," sebutnya.

Kehadiran dia beserta rombongan ke Siak merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Pekanbaru yaitu tugas supervisi ke Kejati. Sebelum sampai ke Pekanbaru, ia juga sempat membaca tentang sejarah kerajaan Siak, sehingga menjadikan ia tambah penasaran dengan Kerajaan Siak.

"Ternyata berbeda dari pemikiran saya yang pertama membaca, jauh luar biasa lebih indah kerajaan Siak, ini yang membuat saya kagum," sebut dia.

Loading...

Selain itu, ia juga berkesempatan untuk melihat benda benda peninggalan Sultan siak yang ada didalam istana seperti Cermin Permaisuri, alat musik Komet, mariam besi, Peti Besi maupun benda peninggalan Sultan Siak lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Siak Alfedri juga mengucapkan selamat datang kepada rombongan Jampidsus yang hadir, ia sempat menjelaskan tentang kerajaan Siak pada masa dahulu serta kejayaan kerajan Siak dalam membantu kemerdekaan RI.

"Sebelumnya kawasan ini merupakan bagian dari kesultanan Siak Sri Indrapura, diawal kemerdekaan Indonesia, Sultan Syarif Kasim ll yang juga merupakan Sultan terakhir menyatakan bergabung dengan RI dengan menyerahkan harta kekayaan kerajaan Siak," pungkasnya.