Bupati Alfedri Ajak Generasi Muda Ikut Wujudkan Siak Hijau

Bupati Alfedri Ajak Generasi Muda Ikut Wujudkan Siak Hijau

12 Oktober 2019
Bupati Siak, Alfedri

Bupati Siak, Alfedri

RIAU1.COM - Perhelatan Festival Kabupaten Lestari (FKL) 2019 berlangsung di Gedung Daerah Kabupaten Siak, Jumat 11 Oktober 2019 dengan Tema 'Lokakarya Wirausaha Muda, untuk Siak Kreatif Lestari'.

Acara lokakarya ini dinilai sangat baik karena diharapkan bisa mendorong semangat kewirausahan generasi muda di Kabupaten Siak.

Dengan banyaknya narasumber yang dihadirkan dari berbagai daerah di Indonesia, kegiatan ini bisa memberi manfaat dan menginspirasi generasi muda Siak sehingga bisa menyongsong Indonesia hijau yang diawalli dengan menerapkan visi Siak Hijau.

Diketahui, sejak tahun 2014 dan 2015, kebakaran hutan dan lahan menimpa Kabupaten Siak sehingga menimbulkan banyak kerugian mulai dari gangguan kesehatan, kerugian ekonomi, hilangnya keanekaragaman hayati, dan lain-lain.

Pada tahun 2018 Pemkab Siak menerbitkan Peraturan Bupati No. 22/2018 tentang Inisiatif Siak Hijau yang memuat pengaturan zonasi tata ruang untuk konservasi, perkebunan, industri, dan pemukiman.

Peraturan ini menjadi pedoman bagi Pemkab Siak, masyarakat, dan pihak swasta menuju pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat Siak.

Hingga kini, Kabupaten Siak secara konsisten bekerja sama dengan organisasi masyarakat sipil menganalisa penyebab terjadinya kebakaran dan meninjau peraturan daerah untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Atas inisiatif-inisiatif tersebut, Kabupaten Siak kini telah berhasil mengurangi deforestasi, menggalakkan konservasi dan restorasi gambut, menangani dan mencegah kebakaran hutan dan lahan, mengembangkan ekowisata, serta memanfaatkan pemanfaatan varietas bernilai ekonomi ramah gambut di lahan Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA).

"Peran generasi muda sangat penting untuk mewujudkan visi Kabupaten Siak Hijau, terutama dalam upaya memastikan lahan gambut di Kabupaten Siak dikelola dengan baik dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Alfedri.

Lokakarya yang diikuti oleh lebih dari 150 siswa-siswi SMA dan komunitas UMKM di Riau ini, tampak hadir sejumlah narasumber seperti, Duta petani muda asal Kediri Eko Suroso, Project Cordinator Du'Anyam Davit Manalu, CEO PT Yagi Natural Indonesia Farhaniza, dan Platform Lead Pantau Gambut Clorinda Wibowo.

Selain itu, juga hadir CEO Asyx Lishia Erzha, Cullinery Story Teller Ade Putri Paramadita, serta City Manager Tokopedia Lampung dan Pekanbaru Fitra Aulia.

Festival Kabupaten Lestari di Kabupaten Siak yang diselenggarakan hingga tanggal 13 Oktober 2019 esok ini merupakan Festival kedua dari Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL). Tahun lalu festival ini dilaksanakan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.