Kabut Asap Kuasai Langit Siak Jelang TdSi 2019, Pemkab Siak Gelar Salat Istisqa

Kabut Asap Kuasai Langit Siak Jelang TdSi 2019, Pemkab Siak Gelar Salat Istisqa

11 September 2019
Bupati Siak, Alfedri melaksanakan salat istisqa bersama

Bupati Siak, Alfedri melaksanakan salat istisqa bersama

RIAU1.COM - Jelang event akbar Tour de Siak (TdSi) 2019, ratusan Aparat Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak menggelar salat Istisqa minta hujan di Lapangan Tugu depan Istana Siak, Rabu, 11 September 2019 sore.

Salat sunnah yang dilakukan itu bertujuan untuk meminta hujan agar dihilangkan kabut asap yang kini menyelimuti Provinsi Riau terutama Kabupaten Siak. 

Bertindak sebagai imam dalam salat itu adalah Ustaz Muktar Abdul Karim yang juga sebagai Imam Besar Mesjid Islamic Center, dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Siak lainnya.

Pemimpin Negeri Istana Matahari Timur itu mengatakan, salat Istisqa itu merupakan salah satu bentuk langkah nyata dan upaya, untuk memohon kepada Allah agar bencana kabut asap yang melanda segera hilang.

"Salat Istisqa ini kita lakukan untuk memohon ampunan kepada Allah, dan juga mengaharap ridho-Nya untuk dapat diturunkan hujan rahmat agar bencana asap segera menghilang," ungkap Alfedri.

Loading...

Ia melanjutkan, melalui salat Istisqa ini juga dalam rangka agar event balap sepeda Tour de Siak 2019 juga berlangsung lancar tanpa asap. Pasalnya gelaran tersebut akan dilaksanakan satu pekan lagi, pada 19 September hingga 22 September.

"Kabut asap yang ada di Siak merupakan kiriman dari kabupaten lain di Riau maupun provinsi tetangga. Sebab dua atau tiga pekan belakangan ini tidak ada titik api di Siak. Untuk event TdSi nanti, kita belum bisa pastikan, kita tunggu saja hingga H-2 nanti," pungkas Alfedri.