Aksi Heroik Tim Damkar BPBD Siak Sempat Bergelut untuk Taklukkan Buaya 4 Meter di Merempan Hilir

Aksi Heroik Tim Damkar BPBD Siak Sempat Bergelut untuk Taklukkan Buaya 4 Meter di Merempan Hilir

4 September 2019
Proses evakuasi buaya di Merempan Hilir Siak

Proses evakuasi buaya di Merempan Hilir Siak

RIAU1.COM - Seekor buaya yang sempat menggemparkan warga Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau, Rabu 4 September 2019 pagi tadi akhirnya dapat ditangkap dan langsung dievakuasi..

Proses penangkapan dan evakuasi dilakukan oleh Tim Damkar BPBD Siak yang dipimpin langsung Kabid Damkar, Irwan Pryatna bersama Dinas Peternakan langsung terjun mengamankan buaya tersebut.

Dibantu oleh warga, petugas sempat bergelut cukup lama sebelum akhirnya sukses meringkus hewan buas tersebut.

"Untuk sementara, buaya ini kita evakuasi ke markas Damkar Mempura sembari menunggu pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)," ungkap Irwan Priyatna.

Seperti yang diketahui, warga setempat heboh dan merasa ketakutan lalu menghindar dari hewan buas tersebut, ada juga yang berkerumun namun hanya bisa melihat dari kejauhan.

Saksi mata di lokasi menyebut, awalnya seorang warga, bernama Jamin sekitar pukul 06.00 WIB melihat benda aneh bergerak merayap ke arah kandang sapi.

Tokoh masyarakat setempat, Amzar mengaku aneh dengan kejadian tersebut, karena selama ini belum pernah ada buaya yang naik ke darat.

Apalagi, jarak antara Sungai Siak dengan pemukiman penduduk lumayan jauh, sekitar 400 meter. Menurutnya, buaya tersebut jenis buaya asli Sungai Siak. “Belum tau sebab buaya naik ke daratan, kemungkinan dia cari makan,” tebak Amzar.