Jumat, 20 September 2019

SIAK

Tim Satgas Karlahut Siak Gelar Upacara HUT ke-74 RI di Lokasi Pemadaman

news24xx


Tim Satgas Karlahut menggelar upacara di atas lahan yang telah terbakar Tim Satgas Karlahut menggelar upacara di atas lahan yang telah terbakar

RIAU1.COM - Upacara bendera peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di lokasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Desa Rawang Air Putih, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu 17 Agustus 2019.

Upacara itu diikuti oleh Tim Satgas Karlahut yang terdiri dari Manggala Agni Daops Siak, BPBD Riau, tim pemadam serta security dari perusahaan swasta PT Sinarmas.

Pada Sabtu pagi, tampak upacara yang diikuti puluhan petugas ini berlangsung khidmat dan sendu, karena digelar di atas lahan dan hutan yang sudah habis terbakar.



BACA JUGA : Nur Amirul Finish Pertama Etape I TdSi 2019

Iklan Riau1

Upacara ini dilakukan sebagaimana biasanya. Namun petugas tidak menggerek bendera Merah Putih, karena kondisi lapangan yang kurang memadai, sehingga bendera Merah Putih langsung dipasang di tiang kayu.

Upacara itu dipimpin langsung anggota Manggala Agni Daops Siak, Sugiat, dan Pembina Upacara Kabid Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gapur dan pembacaan Teks Prokalamasi dilakukan oleh Kepala Manggala Agni Daops Siak, Ihsan Abdillah.

Dalam amanatnya, Kabid Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gapur menyampaikan, apa yang dilakukan Tim Satgas Karlahut saat ini belum sebanding dengan para pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Apa yang kita lakukan saat ini belum sebanding dengan apa yang dilakukan para pejuang kita dahulu. Dulu pejuang kita melawan penjajah dan kita hari ini 'berperang' melawan api dan asap. Jadi jangan mengeluh tetap berjuang dan tangguh, agar api ini segera padam sehingga Riau bisa bebas dari asap. Merdeka," tegasnya.

Saat upacara berlangsung, api muncul tiba-tiba di semak belukar yang berjarak 200 meter dari lokasi upacara. Sehingga sesekali asapnya mengarah kepada peserta upacara. Namun para pemburu api ini tetap berdiri tegap diatas tanah gambut yang telah berubah menjadi tanah arang.



BACA JUGA : Kapolres Siak Lepas 49 Pembalap TDSi 2019, Etape I Hanya 1 Putaran

Kepala Manggala Agni Daops Siak, Ihsan Abdillah mengatakan, upacara di lokasi karlahut ini merupakan inisiatif dari tim satgas. Sebab, kondisi kebakaran di Desa Rawang Air Putih masih cukup parah, sehingga tidak bisa ditinggalkan.

"Karena hari ini adalah hari bersejarah untuk seluruh warga negara Indonesia, kitapun melakukan upacara langsung di lokasi karlahut," sebutnya.

Dia menuturkan, saat ini luas lahan dan hutan yang terbakar lebih kurang 20 hektare. Upaya pemadaman terus gencar dilakukan, untuk mengantisipasi meluasnya api.

"Beberapa titik api sudah kami sekat beberapa hari yang lalu, kendati demikian kami tidak bisa meninggalkan lokasi begitu saja, kami tetap memantau seluruh lokasi titik api, makanya kita berinisatif untuk menggelar Upacara 17-an di lokasi ini," terangnya.

Setelah upacara, tampak seluruh peserta kembali beraktivitas melakukan pemadaman dan pendinginan di sekitar lokasi.





Loading...