Senin, 19 Agustus 2019

SIAK

Bupati Alfedri Pimpin Apel Siaga Karlahut di Lapangan

news24xx


Bupati Siak, Alfedri usai apel bersama Siaga Karlahut Bupati Siak, Alfedri usai apel bersama Siaga Karlahut

RIAU1.COM - Bupati Siak, Alfedri menjadi pembina apel Siaga Kalahut yang digelar di lapangan Sepak Bola PT Kimia Tirta Utama (KTU), Selasa 13 Agustus 2019.

Dalam amanatnya orang nomor satu di Kabupaten Siak itu mengingatkan kepada semua pihak untuk tetap siaga serta antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

"Kita minta semua pihak untuk terus melakukan antisipasi dalam menghadapi karlahut yang sudah terjadi saat ini, mulai dari Pemkab melalui BPBD, Pemprov, serta TNI-Polri,” ujar Bupati.



BACA JUGA : Warga Kandis Dihebohkan Temuan Jasad Remaja 14 tahun Bersimbah Darah

Lanjut Bupati, ia juga mengapresiasi terhadap Perusahaan PT KTU yang telah ikut peduli dalam memadamkan api di beberapa titik di wilayah Koto Gasib.

"Patut kita apresiasi PT KTU juga ikut terlibat membantu memadamkan api yang terjadi di Kampung Srigemilang dan Rantau Panjang,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Administratur (ADM) PT KTU, Ahmad Zulkarnaen menjelaskan, digelarnya acara itu di areal perusahaan untuk menyatukan arah bersama Pemkab Siak.

"Kita mendukung apa yang telah menjadi program Pemkab Siak, menuju Siak Hijau,” kata Zulkarnain.

ADM itu juga menyampaikan, dalam menghadapi karlahut, perusahaan telah menyiapkan prasana maupun satuan tugas yang memang sudah diberikan latihan.



BACA JUGA : Sabak Auh jadi Kecamatan Pertama di Siak yang Miliki Area CFD

"Dari awal perusahaan dalam mengantisipasi karlahut sudah menyiapkan tower pantau api, peralatan pemadam api, serta satuan tugas,” katanya.

Lanjutnya ia berharap masyarakat di sekitar perusahaan untuk bersama menjaga timbulnya titik api.

"Kita juga menghimbau kepada seluruh warga untuk bersama menjaga terjadinya Karhutla,” tandas Zulkarnain.

Sekretaris GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) Riau, Maryanto mengatakan terjadinya karlahut, murni terjadi uman error. "Tidak ada api turun dari langit, ini murni ulah manusia, human error,” katanya.

Adapun yang hadir dalam acara itu, Kapolres Siak yang diwakili AKP Fitra Yance, Danramil Siak Mayor Suratno, Camat Koto Gasib Dicky Candra, Camat Tualang Zalik Aris, Camat Siak Aditiya C Smara, Camat Dayun, Head Manager Safety Astra Agro Lestari, Pimpinan PT KTU, Penghulu Buatan 1 Ali Parmidi, dan Kepala Badan BPBD Siak Safrizal.