Gunakan Helikopter, Bupati Alfedri Tinjau Titik Api Karhutla di Siak

Gunakan Helikopter, Bupati Alfedri Tinjau Titik Api Karhutla di Siak

13 Agustus 2019
Bupati Siak, Alfedri saat akan meninjau lokasi karlahut melalui udara

Bupati Siak, Alfedri saat akan meninjau lokasi karlahut melalui udara

RIAU1.COM - Bencana kabut asap yang melanda beberapa wilayah di Provinsi Riau akibat karlahut kian meluas.

Bupati Siak Alfedri mengatakan, dirinya bersama Kapolres Siak, Danramil, dan Kepala BPBD Siak melakukan pemantauan dengan menggunakan helikopter di beberapa titik api seperti wilayah Kampung Rawang Air Putih dan Tasik Betung, Sabtu 10 Agustus 2019.

"Spot yang cukup besar itu berada di Kampung Rawang Air Putih dan Tasik Betung sebagian wilayah Bengkalis," ujar Alfedri, Selasa 13 Agustus 2019.

Ia menuturkan, sudah 10 hari ini pihak terkait melakukan water bommbing di wilayah tersebut dan dibantu anggota BPBD Siak, Manggala Agni dan perusahaan.

Begitu juga untuk wilayah Rawang Air Putih, dilakukan Pemadaman oleh petugas BPBD, TNI-Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan bantuan dua helikopter dari perusahaan Sinar Mas Group. "Tentu kita berharap lokasi titik api tersebut bisa diatasi," ucapnya.

Kemudian ia mengapresiasi dukungan dari pihak perusahaan yang intens dalam mengantisipasi karlahut.

Ini dibuktikan dengan bantuan water bommbing lewat udara, memakai 2 heli Super Puma dari PT RML App, serta melibatkan puluhan tim darat fire marshall perusahaan beserta perlengkapan alat-alat mesin pompa.

"Atas nama pemerintah daerah kami mengapresiasi bantuan dari perusahaan, kami tetap mengharapkan dukungan seperti ini terus terjaga dan berkesinambungan" tuturnya.

Loading...

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahannya. Jika dilakukan, ada sanksi berat yang akan menjerat sipelaku pembakar lahan maupun hutan" jelas Alfedri.

Selain itu lanjut dia, Disdikbud Siak telah melayangkan surat kesekolah-sekolah jika kabut asap semakin tebal, anak-anak sekolah bisa diliburkan, dengan catatan sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

Sebagian wilayah sudah diatasi dan terus dilakukan upaya pendinginan, seperti di Kampung Merempan, Paluh, Dosan, dan di wilayah Kecamatan Dayun, termasuk titik api yang baru muncul di Benteng Hilir.

Tak lupa, ia pun menyampaikan apresiasi ke semua pihak termasuk jajaran TNI-Polri yang telah berperan aktif dalam penanganan karhutla secara intens.

Ia berharap terus dilakukan upaya pencegahan dan tindakan yang berkesinambungan, agar kebakaran tidak meluas dan bisa padam secara total.(rizal/galeri)