Jumat, 23 Agustus 2019

SIAK

Jadi Penyumbang Hotspot Terbanyak di Riau, Ini Kata Bupati Siak

news24xx


Bupati Siak, Alfedri saat meninjau lokasi karlahut Bupati Siak, Alfedri saat meninjau lokasi karlahut

RIAU1.COM - Karlahut masih membara di sejumlah kabupaten yang ada di Riau. BMKG Pekanbaru merilis pada, Sabtu 10 Agustus 2019, sebaran titik panas di sejumlah wilayah. Berdasarkan pantauan satelit Teraa-Aqua hari ini, di Riau muncul sebanyak 51 titik panas di sejumlah wilayah.

Kabupaten Siak menjadi penyumbang hotspot terbanyak di Riau. Tercata, ada sebanyak 22 lokasi titik panas terpantau di kabupaten yang pernah dipimpin Gubernur Riau, Syamsuar selama dua periode itu.



BACA JUGA : Pemkab Siak Gagas Forum Ekraf 'Kito Siak'

Padahal, pada tanggal 9 Agustus 2019 kemaren, semua titik api telah berhasil didinginkan oleh Tim Darat Gabungan yang terdiri dari BPBD, Manggala Agni, TNI-Polri dan beberapa perusahaan swasta.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Siak, Alfedri bersama Kapolres Siak dan Danramil langsung turun gunung meninjau titik api yang mulai meresahkan.

"Hari ini kita langsung meninjau ke beberapa titik api yang mulai muncul kembali di Siak. Padahal kemaren sudah dingin semua, namun pagi ini muncul kembali," ungkap Alfedri Kepada Riau1.com, Sabtu 10 Agustus 2019.



BACA JUGA : Dispersip Siak Taja Program Berbasis Inklusi Sosial untuk Kemandirian Masyarakat

Ia menegaskan kepada pihak kepolisian, agar segera menindak tegas para pelaku karlahut. "Kita tegaskan kepada bapak-bapak kepolisian agar segera mengungkap pelaku pembakar lahan ini, kita juga menghimbau kepada masyarakat agar memberhentika tindakan bakar-membakar apapun di lahan saat musim kemarau," imbaunya.

Hari ini tercatat Pada level confidence 70 persen yang mana sebaran titik panas paling banyak di Kabupaten Siak berjumlah 22 lokasi. Disusul Kabupaten Pelalawan 11, Bengkalis 6, Rokan Hilir 4, Indragiri Hilir 5 dan Kabupaten Meranti 3.