DKP Siak Taja Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu

DKP Siak Taja Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu

23 Juli 2019
DKP Siak saat menggelar Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu

DKP Siak saat menggelar Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu

RIAU1.COM - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak bekerjasama dengan TP PKK Siak menggelar Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu di Taman Tengku Maharatu Siak Sri Indrapura, Selasa 23 Juli 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh masyarakat Kabupaten Siak dapat meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya kosumsi pangan Beragam, Bergizi, Simbang dan Aman (B2SA), untuk mendukung ketahanan pangan didaerah.

Dengan harapan tersebut, itu Asisten Ekbang Siak, Hendrisan meminta dinas terkait agar hasil dari kegiatan ini dapat disosialisasi kepada masyarakat.

Hal tersebut, mengingat pertumbuhan kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap pangan bakal terus meningkat, yang tentunya harus mampu diimbangi peningkatan produktifitas pertanian.

"Untuk mendukung usaha peningkatan ketahanan pangan, kami berharap hasil dari kegiatan ini nantinya dapat disosialisasikan kepada masyarakat," pinta Hendrisan.

Hendrisan menuturkan, hingga saat ini komoditi beras masih sangat mendominasi pola konsumsi masyarakat sehari-hari. Padahal kata mantan Kadis Pariwisata itu, saat ini sumber karbohidrat tidak hanya beras saja, namun juga  umbi-umbian, kacang-kacangan, serta berbagai macam pangan hewani.

"Saat ini beras masih menjadi bahan pokok sumber kosumsi masyarakat. Padahal masih banyak sumber-sumber lain yang kita ketahui . Tingkat keberagaman pola konsumsi masyarakat kita masih rendah dan perlu menjadi perhatikan kedepan," sebutnya.

Hendrisan juga mengatakan, Pemerintah Daerah mendukung TP PKK untuk terus melaksanakan tugas dan perannya ditengah masyarakat melalui 10 program unggulan.

"Diantaranya program yang perlu kita dukung bersama ialah PKK berperan aktif dalam menyediakan sumber pangan dan toga dengan memanfaatkan lahan perkarangan" ujar Hendrisan.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siak, Syahrial mengatakan, Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman merupakan salah satu cara mengedukasi masyarakat agar memahami pentingnya kosumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

"Kita terus berupaya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat pentingnya kosumsi pangan beragam, jadi tidak hanya beras dan sagu yang menjadi sumber karbonhidrat namun ternyata masih bayak ragam pangan lain yang dapat diolah untuk keluarga," tukasnya.