213 JCH Siak Berangkat ke Tanah Suci Dini Hari Tadi

213 JCH Siak Berangkat ke Tanah Suci Dini Hari Tadi

23 Juli 2019
Bupati Siak, Alfedri saat memberikan arahan kepada ratusan JCH Siak sebelum keberangkatan ke Tanah Suci di Embarkasi Haji Antara Riau

Bupati Siak, Alfedri saat memberikan arahan kepada ratusan JCH Siak sebelum keberangkatan ke Tanah Suci di Embarkasi Haji Antara Riau

RIAU1.COM - Sebanyak 213 Jamaah Calon Haji (JCH) Siak yang tergabung satu kloter dengan JCH Kuansing dalam kloter 19, berangkat dari Embarkasi Antara Riau, Selasa 23 Juli 2019 dini hari.

Para JCH itu dilepas dari gedung Asrama Haji Pekanbaru pada pukul 12.30 WIB, yang dilepas langsung Bupati Siak Alfedri, Gubernur Riau Syamsuar yang diwakili Kadis Tarukim Riau M Amin, Kakan Kemenag Riau Mahyuddin, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan dan Asisten Pemkesra Siak Budhi Yuwono.

Bupati Siak, Alfedri berkesempatan melepas secara resmi keberangkatan JCH Riau dari Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sekaligus dengan jumlah keseluruhan JCH per kloter 449 orang ditambah 5 orang petugas haji.

Berdasarkan laporan Kakan Kemenag Riau, Mahyudin mengatakan, ribuan jamaah yang berasal dari 12 kabupaten/kota se-Riau pada tahun sebelumnya, diberangkatkan langsung dari embarkasi Batam melalui daerah masing–masing.

"Mulai tahun ini, dengan difungsikannya Embarkasi Haji Antara di Pekanbaru, maka kita akan memberangkatkan sebanyak 5.324 orang JCH se-Riau dari Pekanbaru dan transit di Batam untuk berangkat langsung menuju Jeddah Arab Saudi," ucapnya.

"Untuk kepulangan JCH Riau yang tergabung dalam kloter 19 ini Insya Allah dijadwalkan kembali ke tanah air pada tanggal 4 September 2019 mendatang," sambungnya.

Loading...

Bupati Siak dalam arahannya menyampaikan harapan agar selama perjalanan dan pelaksanaan rangkaian ibadah haji para JCH dapat mempersiapkan diri dan bertawakal, serta meningkatkan khusyu'an dan kesabaran selama menjalankan rangkaian rukun haji.

"Kami doakan para jamaah senantiasa sehat walafiat, diberikan kemudahan dan kesabaran, sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan khusyu selama di tanah suci, dan untuk kami yang ditinggal ini, mohon titip doanya untuk kampung kita, Riau," ujarnya.

"Selamat jalan, selamat berangkat dan kembali ke tanah air. Semoga semua jemaah mendapatkan prediket haji yang mabrur,” pungkasnya.

Dalam JCH asal Kabupaten Siak dan Kuansing yang tergabung dalam kloter 19 tersebut, JCH tertua berasal dari Kabupaten Siak atas nama Jafar Sidik Longkai (89 tahun), dan JCH termuda berasal Kabupaten Kuansing atas nama Uut Nuraini (32 tahun).