Kamis, 18 Juli 2019

SIAK

Alfedri Pastikan FPN VIII dan Rakernas JKPI di Siak tahun 2020 Mendatang Lebih Semarak

news24xx


Bupati Siak, Alfedri Bupati Siak, Alfedri

RIAU1.COM - Melihat serta mengikuti langsung pelaksanaan Festival Pusaka Nusantara (FPN) VII di Karangasem, Bali, Bupati Siak, Alfedri optimis pihaknya juga mampu menjadi tuan rumah perhelatan budaya tingkat nasional yang dirangkai dengan rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2020 mendatang di Kabupaten Siak, Riau.


"Setelah melihat seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Karangasem, Pemkab Siak siap meriahkan FPN di Siak Sri Indrapura tahun depan," kata Alfedri saat memimpin pelaksanaan Rakernas JKPI di Villa Taman Surgawi, Karangasem, Bali.



BACA JUGA : Film 'Kue Khasidah' Garapan Dara Muda Siak Raih Predikat Terbaik I Viu

Orang nomor wahid di Kabupaten Siak itu menuturkan, pihaknya akan menggabungkan pelaksanaan Pawai Budaya Internasional yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Siak dengan event Pawai Budaya Nusantara JKPI.

"Untuk lebih memperkenalkan Sungai Siak sebagai sungai terdalam di Indonesia, kami berencana melaksanakan parade budaya di Sungai Siak," tuturnya.


Selain itu, Alfedri mengungkapkan, jajarannya akan melaksanakan sosialisasi kebudayaan bagi pelajar di Kabupaten Siak, dan akan meminta setiap anggota JKPI yang hadir untuk memberikan pengajaran keberagaman budaya Indonesia di setiap sekolah.




BACA JUGA : Bupati Siak Alfedri Sambut Baik Rencana Pelindo Kembangkan Pelabuhan Perawang

Terpisah, Sekretaris Jenderal JKPI, Asfarinal mengatakan, jika ingin pelaksanaan FPN dan Rakernas JKPI lebih meriah tahun ketahun, harus ada hal yang ikonik atau unit baru yang diciptakan.

"Saya berharap di Siak nantinya akan ada hal unik baru yang ditampilkan, sehingga akan menjadi kesan tersendiri bagi anggota JKPI yang lainnya," kata Nanang (sapaan akrabnya).

"Kemudian, ketika pelaksanaan Pawai Budaya Nusantara di Siak, JKPI juga berencana akan meluncurkan secara resmi Mars JKPI, dan dinyanyikan secara resmi di Siak untuk pertama kalinya," tukasnya.


Penulis: M Rizal Iqbal