Bawa Orang Luar Siak Bekerja, PK KNPI Tualang Kecewa PT TJC Abaikan Pemuda Tempatan

Bawa Orang Luar Siak Bekerja, PK KNPI Tualang Kecewa PT TJC Abaikan Pemuda Tempatan

23 Juni 2019
Ketua PK KNPI Kecamatan Tualang, Ika Rahman

Ketua PK KNPI Kecamatan Tualang, Ika Rahman

RIAU1.COM - Job musiman yang didapat PT Truba Jaga Cita (TJC) yang melaksanakan kegiatan pekerjaan di lokasi PT IKPP Perawang menjadi polemik tersendiri bagi tenaga kerja lokal (tempatan) saat ini.

Pasalnya, perusahaan yang bergerak di bidang reparasi (perbaikan dan perawatan) ini tidak melakukan perekrutan tenaga kerja lokal maupun tempatan dalam pelaksanaan kegiatan shutdown (stop mesin) di lokasi perusahaan anak Sinar Mas Group tersebut.

Ketua Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Tualang, Ika Rahman mengaku banyak ditemui oleh pemuda-pemuda yang mengeluh mengenai susahnya diterima bekerja di PT Truba.

"Kita sudah coba juga beberapa kali usaha komunikasi dengan pihak Truba dan kalau kita menilai, memang Truba sangat minim menerima tenaga kerja lokal," kata Ika Rahman.

"Contohnya kemarin kita coba ajukan tenaga kerja lokal sebanyak 32 orang tetapi mereka hanya terima 2 orang, ini pemuda-pemuda lokal yang ingin bekerja kita ajukan, kita ini minta kerja bukan minta duit cuma-cuma, itu saja susah minta ampun. Sementara mereka setiap shutdown banyak bawa tenaga kerja dari luar," bebernya.

Loading...

Informasi yang didapat, PT Truba Jaga Cita ini memanfaatkan tenaga kerja luar daerah Kabupaten Siak ditempatkan oleh pihak perusahaan pada kontrakan maupun ruko yang merupakan menjadi mess tenaga kerja luarnya.

"Kami sudah komunikasikan kepada pihak Kecamatan Tualang dan kami berharap agar setiap perusahaan yang beroperasi di wilayah Perawang dapat melakukan rekrutmen secara terbuka dan memprioritaskan tenaga kerja lokal, baik yang terampil maupun yang tidak terampil sesuai dengan Perda Siak Nomor 11 Tahun 2001," harapnya.(R1/rizal)