110 Napi Diamankan Pasca Kerusuhan dan Pembakaran Rutan Siak, Ratusan Lainnya Kabur

110 Napi Diamankan Pasca Kerusuhan dan Pembakaran Rutan Siak, Ratusan Lainnya Kabur

11 Mei 2019
Tampak rutan siak menyisakan puing pasca dibakar para narapidana, Sabtu dini hari

Tampak rutan siak menyisakan puing pasca dibakar para narapidana, Sabtu dini hari

RIAU1.COM -Sebanyak 110 orang warga binaan (Narapidana) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kabupaten Siak, Riau berhasil dievakuasi dan diamankan pasca kerusuhan yang terjadi Sabtu 11 mei 2019 dini hari tadi.

Mereka diamankan dan dievakuasi sementara ke sel yang dimiliki kepolisian. Sebab, sel yang berada di Rutan Siak turut hangus terbakar akibat peristiwa kerusuhan para narapidana tersebut.

Menurut data, total ada 648 orang tahanan dan narapidana di Rutan Kabupaten Siak. Artinya, masih ada ratusan lainnya yang diduga kabur. Polisi pun setakat ini tengah melakukan penyisiran untuk mencari mereka.

"Evakuasi tahanan dan napi dilakukan subuh tadi. Total penghuninya sebanyak 648 orang, di mana 110 lainnya sudah diamankan dan dievakuasi," terang Kabis Humas Polda Riau Kombes Sunarto dalam keterangan rilisnya, Sabtu pagi.

Kapolda Riau, Irjen Widodo Eko Prihastopo sudah berada di Siak dan telah mengecek kondisi terkini Rutan, pasca kerusuhan terjadi dini hari tadi. Aparat kepolisian juga sudah berada di sana melakukan pengamanan, bersama TNI.

Loading...

Diberitakan sebelumnya, narapidana mengamuk hingga melakukan pembakaran terhadap Rutan. Mereka juga merampas senjata api. "Infonya dari senjatanya petugas Rutan," terang Kabid Humas Polda Riau.

Sunarto juga menampik, ada petugas kepolisian yang terluka tembak oleh senjata api yang dirampas oleh narapidana tersebut. "Ngak ada korban jiwa," pungkasnya.