Rabu, 20 Februari 2019

SIAK

Pamitan dengan Warga Siak, Syamsuar: Ladang Minyak Siak, Sepenuhnya Dikelola PT BSP

news24xx


Syamsuar beserta istri menyerahkan sapi brahmana kepada kelompok tani, usai acara silaturahmi sekaligus pamitan dengan warga Siak. Foto: Humas Siak.  Syamsuar beserta istri menyerahkan sapi brahmana kepada kelompok tani, usai acara silaturahmi sekaligus pamitan dengan warga Siak. Foto: Humas Siak.

RIAU1.COM - Menjelang pelantikan sebagai gubernur Riau, yang direncanakan 19 Februari 2019, Bupati Siak Syamsuar secara maraton melakukan kunjungan ke semua kecamatan di Siak. Hari ini, Jumat (1/2/2019), Syamsuar mengelar acara silaturahmi sekaligus pamitan dengan masyarakat Kecamatan Siak yang dipusatkan di lapangan Kampung Merempan Hulu.

"Insya Allah, saya akan selalu ingat dan tetap mengawal pembangunan di Kabupaten Siak ini," kata Syamsuar. 



BACA JUGA : Siak-Tangerang Kerjasama Pengembangan Layanan Publik Smart City

Selama menjabat Wakil Bupati Siak (2001-2006) dan Bupati Siak (2011-sekarang), kata Syamsuar, sangat banyak pembangunan yang sudah dilaksanakan dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. 

Salah satu keberhasilan itu, yakni upaya Pemkab Siak melobi pusat untuk mengelola sepenuhnya ladang minyak oleh PT Bumi Siak Pusako (BSP).

"Insya Allah, keinginan ini akan segera terwujud. Ini sangat luar biasa, apalagi Siak satu-satunya daerah di Indonesia yang dipercaya oleh Presiden untuk mengelola ladang minyak sendiri," jelasnya.



BACA JUGA : Hearing di DPRD Siak, Warga Kandis Pertanyakan Nilai Ganti Rugi Tol Pekanbaru-Dumai Berubah-ubah

Syamsuar menceritakan setelah pulang dari umroh tahun lalu, tak lama setelah itu dirinya dipanggil oleh menteri ESDM, untuk penyerahan pengelolaan ladang minyak oleh PT BSP. Selama ini, PT BSP bekerjasama dengan PT Pertamina. 

"Rasa-rasanya waktu itu saya ingin sujud syukur di ruangan menteri tersebut" cerita Syamsuar.

Selain itu, banyak lagi dukungan dan perhatian dari pemerintah pusat yang telah diberikan ke Kabupatrn Siak,  seperti participating interest (PI) sebesar 10 persen yang jadi hak daerah.

“Dari BSP kito dapat, dari Pertamina kito jugo dapat dan dari bagi hasil pun kito dapat, nah berapo lokang kito dapat tu,” ucap mantan Camat Siak ini sambil tersenyum.

Menurut Syamsuar, ini semua adalah ‘tuah masyarakat Siak’ yang harus dipelihara agar Negeri Istana ini senantiasa diberkahi oleh Allah SWT.

Usai sambutan, Bupati Siak dua periode itu duet dengan istri tercinta menyanyikan lagu Sandiwara Cinta, Selayang Pandang, Tuhan dan nyanyi bersama Ketua DPRD, Sekda, Camat Siak, Lurah/Penghulu dengan lagu kemesraan.

Pada kesempatan itu diserahkan bantuan ambulance dari dinas kesehatan  untuk Kampung Tumang, bantuan kandang sapi Brahman Cross untuk Kelompok Tani Lembu Sejahtera Kampung Merempan Hulu.

Kemudian Bupati Siak menandatangani sejumlah prasasti peresmian diantaranya Taman Koto Tinggi, rehabilitasi balai kampung Buantan Besar, depot air minum Langkai Bersatu, dan semenisasi jalan Makam Dusun Lanjung Bertuah.

Saat itu juga dilakukan penanaman pohon gaharu sumbangan dari anak-anak mahasiswa yang sedang melaksanakan Kukerta di halaman Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Islam Merempan Hulu.