Sekda Rohul Lantik Pengurus Foswar 2018 - 2021

Sekda Rohul Lantik Pengurus Foswar 2018 - 2021

17 Oktober 2018
Pelantikan kepengurusan Foswar Rohul

Pelantikan kepengurusan Foswar Rohul

RIAU1.COM -

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman melalui Sekretaris Daerah H. Abdul Haris‎ S.Sos, M.Si melantik dan mengukuhkan pengurus Forum Solidaritas Wartawan (Foswar) Rohul periode 2018-2021.

Pelantikan dan pengukuhan Foswar juga disertai Sosialisasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan narasumber Komisioner Komisi Informasi Publik Pusat, Cecep Suryadi M.Ip, dihadiri Forkompinda Rohul, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohul.

Hadir juga Rektor Universitas Pasir Pengaraian Dr. Adolf Bastian M.Pd, Dirut Perusda Rokan Hulu Jaya Jenewar S.Sos,‎ Ketua KONI Rohul Khairul Fahmi, dan undangan lainnya.

Sosialisasi UU KIP sehari di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center Rohul, diikuti perwakilan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rohul, perwakilan LSM dan Ormas, BUMD, BUMN,‎ dan lainnya.

Pada sambutannya, Ketua Foswar terpilih, Yusrizal mengatakan, forum ini merupakan wadah bernaungnya wartawan Rohul.‎ Forum ini terbentuk berkat ide beberapa wartawan yang berkomitmen mengembangkan potensi jurnalistik anggota, sehingga jadi insan pers yang siap bersaing dan bermutu dalam menyajikan informasi terpercaya kepada masyarakat.

"Ini merupakan suatu bentuk apresiasi dan tuntutan sebagai insan pers yang tergabung di Foswar untuk mendalami hal-hal yang bersangkutan dengan media-media informasi yang berfungsi sebagai media untuk mentransformasikan gagasan," kata Yusrizal.

Menurut Yusrizal, merebaknya media massa dewasa ini, mulai media cetak, media elektronik, dan media online merupakan salah satu wujud dari era informasi dan keterbukaan.

"Sebab berbagai informasi disampaikan setiap hari dan setiap hari," kata Yusrizal.

‎Terlepas itu, Yusrizal mengatakan untuk Sosialisasi UU KIP ini, Foswar bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Rohul dan Bagian Humas Setdakab Rohul.

Sosialisasi UU KIP sehari tersebut diharapkan Yusrizal terus memunculkan insan pers di Kabupaten Rohul yang memiliki kemampuan dalam mengelola media massa secara handal untuk semakin mempercepat pencapaian tujuan, serta terjalinnya kerjasama saling pengertian dengan pihak-pihak terkait.

‎Sementara, Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan industri pers semakin maju pesat, sehingga masyarakat mudah mendapatkan informasi setiap waktu dan dimanapun.

Dengan kemajuan industri pers, Abdul Haris berharap hal ini dimanfaatkan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rohul untuk melaporkan prorgam unggulan, untuk memajukan pembangunan daerah.

Haris mengaku sebelum Kabupaten Rohul berdiri pada 12 Oktober 1999, masih tergabung di kabupaten induk Kabupaten Kampar, masyarakat Rohul sangat sulit mendapatkan informasi, hanya bisa didapatkan seminggu sekali.

Dengan dikukuhkan pengurus Foswar, Haris sangat berharap terjalin komunikasi baik antara pers dengan pemerintah daerah, termasuk silaturahmi dan terjalin kebersamaan dalam membangun daerah.

Selain itu, Sekda Rohul berpesan ke peserta Sosialisasi UU KIP untuk serius mengikutinya, sebab sosialisasi ini sangat penting untuk berbagi informasi kepada masyarakat atau publik, seperti informasi kebijakan pemerintah yang harus disampaikan ke masyarakat, salah satunya program unggulan di Pemkab Rohul.

Kepada OPD atau dinas terkait yang punya program strategis juga diajak untuk bergandeng tangan dengan pers, dalam penyampaian informasi ke masyarakat, salah satunya program yang dilakukan di Disnakbun Rohul untuk program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit.

"kita berharap dengan kemajuan industri pers ini digunakan sebaik mungkin dalam memajukan pembangunan daerah," harapan Sekda Rohul Abdul Haris.

Dalam kegiatan tersebut, Sekda Rohul juga memasangkan tanjak Unak Serantau kepada Komisioner KIP Cecep‎ Suryadi, lalu Ketua Foswar Yusrizal juga menyerahkan plakat kepada Rektor UPP Dr. Adolf Bastian M.Pd, serta Kepala Diskominfo Rohul Gorneng.