Selasa, 20 Agustus 2019

ROKAN-HULU

Babinsa 08 Koramil Tandun Rutin Patroli Karlahut untuk Permudah Identifikasi Pemilik Lahan

news24xx


Babinsa Koramil 08/Tandun saat melakukan patroli karlahut Babinsa Koramil 08/Tandun saat melakukan patroli karlahut

RIAU1.COM - Musim kemarau, membuat lahan-lahan gambut menjadi kering dan rentan terjadi kebakaran lahan dan hutan (karlahut), salah satunya di Desa Kumain, Kecamatan Tandung, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Untuk mengantisipasi karlahut, dalam rangka TMMD ke-105 Kodim 0313/KPR, Babinsa Koramil 08/Tandun rutin melakukan patroli di wilayah binaannya, termasuk di Desa Kumain.



BACA JUGA : Prajurit TNI di Rohul Siaga Antisipasi Karhutla

"Kini telah masuk musim kemarau, kita harus lebih waspada, jangan sekali-kali membakar lahan ataupun hutan. Kita harus saling mendukung dalam pencegahan pembakaran hutan dan lahan," kata Sertu Paisal Siregar, Selasa 23 Juli 2019.

paisal menuturkan, patroli karlahut yang dilakukan tersebut, bertujuan memantau daerah-daerah yang rawan terjadi pembakaran hutan dan lahan, serta melakukan pendataan lahan yang telah dibersihkan oleh warga.

"Disamping itu kami juga mengimbau kepada masyarakat agar bersama mencegah kebakaran hutan dan lahan, dan jika menemukan oknum yang sengaja membakar segera laporkan kepada pihak berwajib," tambahnya.



BACA JUGA : Tingkatkan Kamtibmas, Babinsa Koramil 08 Tandun Gelar Komsos Bersama Kades Aliantan

Sertu Paisal berharap, dengan kegiatan patroli karlahut tersebut dapat meminimalisir terjadinya kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Tandun.

"Dan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan, petugas dapat dengan segera mengidentifikasi pemilik lahan yang terbakar tersebut," pungkasnya.