Minggu, 18 Agustus 2019

ROKAN-HULU

Tokoh Masyarakat Rohul Apresiasi Kepemimpinan Bupati Sukiman, Tapi...

news24xx


Silaturahmi dan halalbihalal Pemkab Rohul bersama para tokoh masyarakat Rohul di Hotel Labersa Pekanbaru Silaturahmi dan halalbihalal Pemkab Rohul bersama para tokoh masyarakat Rohul di Hotel Labersa Pekanbaru

RIAU1.COM - Tokoh masyarakat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, sejauh ini telah menilai kinerja Bupati Rohul, Sukiman yang sudah menunjukan kerja kerasnya dalam membangun 'Negeri Seribu Suluk' dimasa kepemimpinannya.

Hal itu disampaikan tokoh masyarakat Rohul yang tergabung dalam Himpunan Keluarga Rohul (HKR) Pekanbaru dalam acara silaturahmi dan halalbihalal dengan Pemkab Rohul di Hotel Labersa, akhir pekan lalu.

Mantan bupati Rohul dua periode, Achmad yang merupakan salah satu tokoh masyarakat Rohul mengatakan, performa pemerintah saat ini sudah cukup baik, meski ia melihat masih terkendala terkait kemampuan keuangan daerah.


"Jika masih ada hal yang belum optimal saya rasa wajar, karena mungkin terbatasnya kemampuan anggaran daerah. Untuk itu mari masyarakat Rohul berikan kontribusi kita dalam pembangunan ini,” kata Achmad, Selasa 2 Juli 2019.

Sementara itu, Ketua HKR Pekanbaru, Yuharman mengaku, menyadari defisit keuangan daerah memang menjadi persoalan yang dihadapi seluruh daerah di tanah air, termasuk di Riau.



BACA JUGA : Prajurit TNI di Rohul Siaga Antisipasi Karhutla

Yuharman menuturkan, adanya perubahan pola penyaluran dana pusat ke daerah menjadi salah satu sebab seringnya daerah mengalami defisit keuangan. Selain itu, pengaruh harga minyak dunia juga mempengaruhi penerimaan keuangan daerah dari sektor DBH.


"Kalau zaman dulu, sekitar tahun 2016 ke bawah, setiap 3 bulan DBH itu turun, setelah adanya peraturan menteri keuangan, dana pusat itu turunnya sesuai kebutuhan,” tutur Yuharman.

Yuharman menyarankan, kedepan perlu ada sinergisitas antara pemerintah dengan tokoh-tokoh Rohul yang mengemban jabatan di pusat.



BACA JUGA : Tingkatkan Kamtibmas, Babinsa Koramil 08 Tandun Gelar Komsos Bersama Kades Aliantan

Salah satu tokoh yang dimaksud yakni Achmad yang pernah dua periode memimpin roda pemerintahan di Rohul dan kini terpilih menjadi anggota DPR-RI.

Dengan perannya sebagai penyalur aspirasi rakyat Riau di pusat, Achmad tentunya akan berjuang habis-habisan khususnya dari sisi anggaran untuk pembangunan Riau khususnya Rohul.


"Pak Achmad juga sudah memberi ruang dan menyatakan siap membantu Pemkab Rohul dalam memperjuangkannya aspirasi pembangunan di pusat. Peluang ini harus ditangkap oleh Bupati," pungkasnya.