Riau Hanya Dapat 2 Unit Kapal Bantuan dari KKP

Riau Hanya Dapat 2 Unit Kapal Bantuan dari KKP

30 September 2022
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Ditargetkan pada Desember tahun ini sudah diserahkan pengadaan bantuan 2 unit kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada kelompok nelayan di Riau.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Herman Mahmud, bantuan kapal fiber 5 GT tersebut akan disalurkan ke Koperasi Konsumen Agro Sejahtera Bersama, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Kemudian, Koperasi Bintang Laut, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Bantuan kapal dari KKP masih proses pembuatan. Progresnya saat ini sudah 20 persen," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Herman Mahmud, Kamis (29/9).

Pengadaan 2 kapal fiber bantuan KKP tersebut, sebut dia, dimenangkan CV Prizal yang beralamat di Selatpanjang, Kepulauan Meranti itu dengan nilai kontrak Rp700 juta lebih. Sedangkan pekerjaan pembuatan kapal sendiri ditargetkan awal Desember sudah selesai.

"Kita targetkan awal Desember sudah selesai pembuatan kapalnya. Nanti kita serahkan kepada 2 kelompok nelayan di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Bengkalis," sebutnya.

Loading...

Herman berharap, dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan daya tangkap nelayan. Sehingga perekonomian masyarakat nelayan kedepan terbantu," tukasnya.

Untuk diketahui, awalnya Provinsi Riau akan mendapatkan bantuan 5 kapal dari tugas pembantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) KKP. Namun, karena di KKP ada refocusing anggaran, maka Riau hanya mendapat bantuan 2 kapal.*