Capaian Booster Rendah, Dinkes Riau akan Buka Mal Vaksinasi

Capaian Booster Rendah, Dinkes Riau akan Buka Mal Vaksinasi

7 Juli 2022
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau hingga Rabu (6/8/2022) mencatat capaian vaksinasi booster di Riau baru mencapai 20, 17 persen atau sekitar 976.376 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin, Rabu (6/7/2022) menegaskan, saat ini seluruh puskesmas dan rumah sakit setiap hari membuka layanan untuk vaksinasi booster.

"Setiap hari puskesmas dan rumah sakit itu buka untuk booster," katanya.

Dengan demikian, seharusnya tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak melakukan vaksinasi booster.

Selain itu, pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan mal vaksinasi yang direncanakan akan mulai dioperasikan pada hari ulang tahun Provinsi Riau awal Agustus 2022 mendatang. 

Mal vaksinasi yang dimaksud ada di gedung arsip di Jalan Melur Sukajadi Pekanbaru. Gedung ini milik Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"‎Mal vaksinasi ini nanti akan dibuka mulai pukul 10 pagi sampai pukul 10 malam," ujarnya.

Loading...

Guna mempercepat capaian booster vaksin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendukung kebijakan pemerintah yang menjadikan vaksinasi booster sebagai syarat untuk perjalanan dan masuk ke area publik. 

Kebijakan ini sejalan dengan yang terjadi di Riau untuk mendongkrak capaian vaksinasi booster yang masih rendah

"‎Iya, memang pencapaian vaksinasi booster kita masih rendah. Masih diposisi 20 persen," katanya. 

Dengan adanya kebijakan vaksin booster sebagai syarat perjalanan masuk area publik diharapkan masyarakat tidak lagi bermalas-malasan untuk vaksin dosis ketiga ini.

"Kalau sudah menjadi persyaratan perjalanan dan masuk ke area publik, tentu harapan kita masyarakat tidak lengah lagi untuk vaksin booster," ujarnya.*