Uji Swab PCR Mandiri Bagi Mahasiswa dan Pelajar di Riau Diupayakan Separuh Bayar

Uji Swab PCR Mandiri Bagi Mahasiswa dan Pelajar di Riau Diupayakan Separuh Bayar

6 Juni 2020
Syamsuar (int)

Syamsuar (int)

RIAU1.COM - Mahalnya biaya uji swab PCR mandiri untuk mengetahui terjangkit Covid-19 atau tidaknya, yang mana hasil tersebut sebagai syarat ke luar provinsi, ditampik gubernur Riau Syamsuar.

Kata dia, uji swab PCR mandiri di Riau lebih murah dibanding provinsi lain di Indonesia," Yang berkaitan Swab ini, kita ini (Riau) termasuk murah di Indonesia. Kalau Jakarta itu Rp2,6 juta, Sumbar Rp 1,8 juta dan Riau cuma Rp1,7," kata Syamsuar pada wartawan di gedung daerah Riau, Jum'at 5 Juni 2020.

Kemudian tambah dia, pemerintah provinsi Riau mempertimbangkan akan menurunkan biaya uji Swab PCR mandiri bagi mahasiswa maupun pelajar yang akan ke luar provinsi, maupun ke luar negeri.

"Dan terhadap adik-adik kita mahasiswa yang akan keluar Riau, belajar ke Jawa atau ke luar negeri, nanti untuk uji Swab-nya saya akan berusaha bisa separuh bayar, termasuk untuk santri. Sekarang lagi diinventaris. Sebelum ke Jawa, Swab dulu, bayar setengah saja," katanya mengakhiri.

Loading...

Seperti diberitakan sebelumnya, pekan depan kapasitas uji swab PCR di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru mencapai 450 perhari. Yang mana 150 diantaranya diperuntukkan bagi mereka yang terpaksa ke luar daerah. 

Penambahan uji swab PCR tersebut disebut dilakukan sebagai upaya agar tidak terganggunya kapasitas uji swab PCR bagi pasien positif, dan orang-orang yang diduga terjangkit Covid-19.