Diskes Riau Rencanakan Labor Uji Swab RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Bisa Running Pekan ini

Diskes Riau Rencanakan Labor Uji Swab RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Bisa Running Pekan ini

7 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Riau menyatakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk uji sampel swab pasien corona atau Covid-19 akan tiba di Kota Pekanbaru pada pekan ini, dan dapat langsung dilakukan kalibrasi dan jika sudah running.

"Dengan adanya alat ini, diharapkan pemeriksaan Covid-19 dapat dilakukan dengan cepat dan hasilnya juga bisa diperoleh dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Jubir Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Selasa 7 April 2020.

Sementara itu, Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir menuturkan, alat PCR yang nantinya akan dipasang di Labkesda RSUD Arifin Achmad Pekanbaru itu memiliki kapasitas pengujian hingga 100 sampel perhari.

"Kita berharap alat ini segera dapat dioperasionalkan sehingga hasil lab dapat diperoleh dengan cepat dan tidak bergantung ke Jakarta lagi," ucap Mimi.

Seperti yang diketahui, untuk percepatan penanganan wabah corona, Pemprov Riau menggelontorkan dana sebesar Rp7 miliar untuk pengadaan labkesda uji swab pasien corona.

Sekarang ini, peralatan untuk labor tersebut sudah dipesan dan dalam perjalanan dari Singapura menuju Jakarta, dan diperkirakan tiba di Kota Pekanbaru, Riau pada pekan ini.