DPRD Riau Dukung Pemprov Segera Siapkan Labor Uji Sampel Corona

DPRD Riau Dukung Pemprov Segera Siapkan Labor Uji Sampel Corona

1 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto mengaku mendukung langkah-langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam upaya penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

Salah satu upaya yang didukung DPRD Riau dalam pencegahan penyebaran virus asal Cina ini, yakni laboratorium pengujian sampel virus corona yang akan disiapkan Pemprov Riau.

"Kita mendukung langkah Pemprov Riau untuk menyiapkan laboratorium sampel corona," kata Hardianto, Rabu 1 April 2020.

Hardianto menuturkan, selama ini pemerintah kewalahan dan menunggu lama agar bisa mendapatakan hasil sampel corona.

Tapi dengan adanya rencana pemerintah menyiapkan laboratorium pengujian sampel corona, tentu hasil uji swab ODP dan PDP di Riau bisa diketahui dengan cepat.

"Kalau kita menunggu dari Jakarta hasil uji swab butuh 3-4 hari, dan pasien keburu meninggal dan tambah parah kondisinya. Tapi kalau sudah ada laboratorium di Riau, kita bisa tau hasilnya dalam 1-3 jam," tuturnya.

Hardianto juga menginformasikan bahwa laboratorium TBC saat ini juga telah dialihkan sebagai laboratorium penguji sampel corona. 

"Jadi laboratorium ini sangat penting dalam penanganan virus corona sebab dengan ada laboratorium ini tidak pelu mengirin uji laboratorium ini kepusat," tandasnya.