Perangi Corona, Peneliti FMIPA UI Kembangkan Alat Disinfektan Ultraviolet

Perangi Corona, Peneliti FMIPA UI Kembangkan Alat Disinfektan Ultraviolet

28 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Wabah virus corona atau Covid-19 membuat para ahli dan peneliti di Indonesia membuat penemuan baru untuk mengantisipasi semakin menyebarnya virus asal Cina ini.

Seperti yang dilakukan Tim Peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) yang tengah mengembangkan 2 prototipe alat yang dapat membunuh sumber penyakit dari bakteri dan virus dengan sinar ultraviolet (UV). Alat ini diharapkan dapat membantu memerangi Corona.

Alat tersebut memiliki dua tipe, yaitu alat yang dipegang di tangan (hand held sterilizer) dan alat yang ditempel di dinding (room sterilizer). Alat ini khusus dirancang untuk keperluan medis.

"Penanganan wabah Covid-19 adalah tanggungjawab bersama seluruh anak bangsa. Untuk itu kami berupaya mengerahkan tim ahli dan peneliti di lingkungan UI untuk bersama-sama mengembangkan instrumen yang bisa membantu tenaga kesehatan kita dalam menjalankan tugasnya di tengah wabah yang melanda berbagai daerah di Indonesia dan sudah menelan korban jiwa yang tidak sedikit," ujar Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia (UI), Prof Dr rer nat Abdul Haris, Sabtu 28 Maret 2020.

Kedua alat ini akan sangat membantu rumah sakit yang saat ini kewalahan mendapatkan alat bantu disinfektan akibat kelangkaan maupun karena melambungnya harga disinfektan cair di tengah wabah virus COVID-19.

Instrumen disinfektan menggunakan sinar UV ini dikembangkan oleh tim peneliti FMIPA UI, serta menggandeng peneliti lainnya dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) di bawah koordinasi Direktorat Inovasi UI dan Science Techno Park UI. Saat ini tengah disiapkan enam unit Prototipe, kedua alat tersebut akan diuji coba di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

 


Sumber: Detik.com