Kunker ke Dumai, Kapolda Riau Irjen Agung Bahas Kesiapan Pilkada 2020 dan Antisipasi Karhutla

Kunker ke Dumai, Kapolda Riau Irjen Agung Bahas Kesiapan Pilkada 2020 dan Antisipasi Karhutla

19 Februari 2020
Irjen Agung menyerahkan bantuan dalam kunjungannya ke Kota Dumai. (Foto/ Hadi)

Irjen Agung menyerahkan bantuan dalam kunjungannya ke Kota Dumai. (Foto/ Hadi)

RIAU1.COM -Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi SH, Sik MSi, bertolak ke Kota Dumai dalam agenda kunjungan kerjanya, Rabu 19 Februari 2020 siang. Dalam Kunker perdananya ke Dumai ini, Irjen Agung membahas dua isu penting.

Itu diantaranya perhelatan pesta rakyat, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Dumai yang diselenggarakan tahun 2020 ini. Kemudian yang tak kalah pentingnya, terkait upaya pencegahan dan penanganan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Di Dumai, Jenderal bintang dua ini menggelar pertemuan dan silaturahmi dengan segenap unsur Forkopimda dan Pemkot Dumai. Irjen Agung meyakinkan, bahwa dua agenda besar tahun 2020 tersebut bisa berjalan maksimal, dengan adanya sinergitas antara seluruh stake holder.

"Kalender Kamtibmas di 2020, diantaranya Pilkada serta juga permasalahan Karhutla. Keduanya memerlukan sinergi seluruh komponen untuk menjamin Pilkada berjalan baik. Bangun dialog, penyelesaian persoalan terkait Pilkada dengan dialog, saluruan komunukasi dibuka selebar-lebarnya," kata dia.

Ia melanjutkan, Sinergitas seluruh stake holder hingga masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan kondusifitas pada saat pergelaran Pilkada tahun 2020.

Sedangkan terkait Karhutla, Irjen Agung SIE memberikan penekanan terhadap upaya pencegahan bersama, sehingga peristiwa kebakaran hutan dan lahan tidak melanda Dumai, dan Riau bebas asap di 2020 dapat terealisasi.

"Soal Karhurla, kita sudah prediksi wilayah Dumai untuk tahun 2020. Kajian juga sudah kita lakukan, dan telah menemukannya, terkait di mana wilayah rawan. Kita kirim tiga pompa air ke desa-desa rawan. Kita pantau bersama bersama stake holder," tegas Irjen Agung.

Dalam kesempatannya, Irjen Agung yang datang ke Dumai bersama segenap pejabat utama (PJU) Polda Riau ini juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa alat-alat yang dapat dipakai untuk proses pemadaman Karhutla, antara lain mesin pompa air dan sebagainya.