Antisipasi Virus Corona, DPRD Minta Pemprov Waspada dan Perketat Turis Cina Masuk ke Riau

Antisipasi Virus Corona, DPRD Minta Pemprov Waspada dan Perketat Turis Cina Masuk ke Riau

28 Januari 2020
Anggota Komisi V DPRD Riau, Arnita Sari

Anggota Komisi V DPRD Riau, Arnita Sari

RIAU1.COM - Virus corona asal Cina saat ini tengah menjadi perhatian masyarakat dunia. Sejumlah elite di Riau pun meminta pemerintah provinsi (pemprov) untuk melakukan antisipasi dan pencegahan.

Salah satunya, anggota Komisi V DPRD Riau, Arnita Sari. Ia menuturkan, sampai saat ini belum ada laporan terkait adanya masyarakat Riau yang terinfeksi virus corona tersebut.

Namun, ia meminta kepada Pemprov Riau untuk siaga dan waspada di setiap pintu masuk Riau, baik itu udara dan laut, untuk mencegah virus ini masuk ke Bumi Lancang Kuning.

"Virus ini berasal dari binatang, dari ular, kelelawar. Beberapa negara sudah ada terkena kita harus waspada, karena vaksinnya belum ada," ujar Arnita, Selasa 28 Januari 2020.

"Kalau terkena itu, sama seperti gagal paru, gejalanya demam, batuk filek. Virus ini memang belum ada di Riau, tapi untuk antisipasi, pintu masuk harus dijaga ketat," terang Arnita yang juga seorang dokter.

Ia melanjutkan, meski hubungan Indonesia dengan Cina cukup baik, kewaspadaan tetap dilakukan dengan turis dan WNA yang akan masuk ke Riau, khususnya dari Cina.

"Sebaiknya turis Cina tida masuk. Kalau pun masuk, pemeriksaan harus ketat dan waspada. Karena virus ini mudah menyebar dari udara, kewaspadaan imigrasi harus ketat," tukas politisi PKS tersebut.