21 Gubernur Akan Berkumpul di Riau Pekan Depan, Bahas Dana Bagi Hasil Sawit dari Pusat

21 Gubernur Akan Berkumpul di Riau Pekan Depan, Bahas Dana Bagi Hasil Sawit dari Pusat

12 Desember 2019
Ilustrasi sawit. Foto: Surya/Riau1.

Ilustrasi sawit. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sekitar 21 gubernur akan berkumpul di Provinsi Riau pada pekan depan. Mereka akan membahas dana bagi hasil pendapatan sawit yang diperoleh pemerintah pusat.

Gubernur Riau Syamsuar dalam rapat koordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Rabu (11/12/2019), mengatakan, ada 21 provinsi penghasil sawit saat ini. Kebun kelapa sawit terluas dari seluruh Indonesia terdapat di Riau. 

"Kami sudah berdiskusi dengan rekan-rekan gubernur yang daerahnya penghasil kelapa sawit. Kami akan menggelar pertemuan pada 16 Desember nanti di Riau," ungkapnya.

Pertemuan ini membahas usulan ke pemerintah pusat melalui DPRD Provinsi Riau dan DPR RI untuk memperjuangkan dana bagi hasil (DBH) sawit. Para gubernur sudah sepakat membicarakan masalah ini. 

"Kami menggelar pertemuan ini karena perolehan dari sawit tidak seberapa diterima pemerintah daerah. Sementara, dampak lingkungan dan dampak kerusakan jalan yang ada di daerah masing-masing sangat tinggi," kata Syamsuar.

Pemerintah daerah (pemda) juga tidak mendapat apa-apa dari pajak perkebunan sawit. Pemda hanya menikmati selain dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan, PBB Pedesaan, dan PBB Perkebunan yang nilainya tak begitu banyak.

"Inilah bentuk perjuangan kami yang harus didukung kabupaten dan kota," ucap Syamsuar.