Ini Dia Alasan Dibalik Pendirian Mesjid Raya An-Nur Provinsi Riau

Ini Dia Alasan Dibalik Pendirian Mesjid Raya An-Nur Provinsi Riau

18 Oktober 2019
Mesjid Raya An-Nur Provinsi Riau (Foto: Istimewa/Simaskemenag.go.id)

Mesjid Raya An-Nur Provinsi Riau (Foto: Istimewa/Simaskemenag.go.id)

RIAU1.COM - Bagi sebagian masyarakat Riau Mesjid Raya An-Nur Provinsi sudah menjadi kebanggaan tersendiri. Baik dari segi bangunan maupun sejarahnnya.


Menurut buku berjudul Profil Mesjid Agung Annur Provinsi Riau yang diterbitkan oleh Badan Pengelolaan Mesjid Agung An-Nur Provinsi Riau tahun 2013, pencetus pertama pendirian rumah ibadah bagi umat Islam ini adalah Gubernur Riau kedua Kaharuddin Nasution Pada tahun 1962.

"Pembangunan mesjid dalam rangka melengkapi infrastruktur perkotaan," sebut Sekretaris Badan Pengelolaan Mesjid An-Nur Riau saat itu Sukmadi Mukminin.

Saat dibangun mesjid sudah dirancang agar memiliki dua lantai. Lantai dua untuk salat dan lantai pertama untuk aula, ruang serba guna hingga kantor sekretariat pengurus, pustaka, Badan Amil Zakat.

Loading...

Setelah mesjid berusia 36 tahun,  bagunan di renovasi saat masa Gubernur Riau Saleh Djasit tahun 1998 dan baru selesai di tahun 2006.

Banyak perubahan yang terjadi. Fasilitas yang pernah ada seperti ruang belajar hingga menara dirombak untuk didirikan bangunan pendukung seperti gedung TK, SD, rumah imam mesjid dan bilal.