Syamsuar Suruh Bupati Dan Walikota Catat Semua Lahan Dan Kebun Yang Terbakar, Ada Apa?

Syamsuar Suruh Bupati Dan Walikota Catat Semua Lahan Dan Kebun Yang Terbakar, Ada Apa?

22 September 2019
Gubernur Riau Syamsuar (Foto: Zar/Riau1.com)

Gubernur Riau Syamsuar (Foto: Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM - Gubernur Riau Syamsuar mengeluarkan perintah kepada bupati dan walikota di 12 kabupaten dan kota untuk mencatat seluruh luasan lahan dan kebun yang sengaja dibakar.

Tindakan ini untuk mencegah luasan yang dibakar untuk ditanami kembali. Arahan ini diutarakannya, Minggu, 19 September 2019.

"Saat rapat dengan Presiden RI Joko Widodo kemarin, bersama bupati dan walikota telah disepakati bahwa semua tanah yang terbakar tahun ini diinventaris oleh kades, lurah, dan camat," sebut Syamsuar.


Pencatatan berguna bagi petugas kepolisian untuk menangkap pemilik lahan yang kemudian melakukan aktifitas penanaman setelah lahannya sengaja dibakar.

"Jangan pula sempat keluar Surat Keterangan Tanah (SKT) di lahan yang terbakar. Sempat ada yang mengeluarkannya akan kita tindak tegas," jelasnya.

Aksi ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Provinsi Riau dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan didukung oleh Tim Terpadu Penertiban Penggunaan Kawasan/Lahan Secara Ilegal berdasarkan keputusan Gubernur Riau Nomor: Kpts.911/VIII/2019, 2 Agustus 2019.