60 Titik Panas Kepung 8 Daerah di Riau, Kabut Asap di Pekanbaru Tempat Jokowi Nginap Makin Pekat

60 Titik Panas Kepung 8 Daerah di Riau, Kabut Asap di Pekanbaru Tempat Jokowi Nginap Makin Pekat

17 September 2019
Kabut asap di Pekanbaru (foto ilustrasi dokumen Riau1)

Kabut asap di Pekanbaru (foto ilustrasi dokumen Riau1)

RIAU1.COM -Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, ada 60 sebaran titik panas diseluruh Provinsi Riau, pada pengamatan Selasa 17 September 2019 pagi. Titik panas tersebut terdapat didelapan kabupaten dan kota.

60 titik panas itu berlevel confidence (tingkat kepercayaan) di atas 50 persen. Hotspot tersebut terdapat antara lain di Bengkalis dua titik, Kampar satu hotspot, Dumai delapan titik panas, Kuansing satu, Pelalawan 11, Rohil 27 titik panas, Inhil ada empat dan Inhu enam hotspot.

Dari 60 titik panas itu, 41 spot diantaranya bahkan berlevel confidence di atas 70 persen (Merupakan titik api). Adapun titik api tersebut terdeteksi citra satelit di area terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Sebarannya, yakni satu titik api di Bengkalis, satu di Kampar, enam di Dumai, satu di Kuansing, tujuh di Pelalawan, 23 titik api di Rohil dan dua lainnya di Inhil.

Dampak dari Karhutla tersebut, menyebabkan hampir seluruh wilayah di Riau diselimuti kabut asap. Bahkan di Kota Pekanbaru jerebu kian pekat pada pengamatan Selasa pagi ini.

Menurut situs bmkg.go.id kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru membuat kualitas udara (PM10) menurun. Bahkan sejak tadi malam kualitas udara menembus level berbahaya, berlanjut sampai Selasa subuh.

Tidak hanya membuat kualitas udara memburuk hingga capai level berbahaya, kabut asap pekat juga menyebabkan jarak pandang pendek, di mana berkisar hanya 800 meter.

Makin parahnya Karhutla dan bencana kabut asap di Riau tersebut, membuat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) datang. Jokowi mendarat di Pekanbaru kemarin petang dan menginap sehari di Pekanbaru, yang tengah dilanda kabut asap pekat.

Adapun hari ink, Jikowi dijadwalkan melakukan tinjauan kebeberapa lokasi guna memantau Karhutla secara langsung.