Hingga Siang Ini Kabut Asap Masih Selimuti Riau dan Wilayah Lain Di Indonesia

Hingga Siang Ini Kabut Asap Masih Selimuti Riau dan Wilayah Lain Di Indonesia

22 Agustus 2019
Citra sebaran asap (Foto: Istimewa/BMKG)

Citra sebaran asap (Foto: Istimewa/BMKG)

RIAU1.COM - Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki menyebutkan hingga pukul 12.00 WIB siang ini, telah terdeteksi kumpulan kabut asap yang menyelimuti beberapa wilayah di Pulau Sumatera dan Kalimantan, Kamis, 22 Agustus 2019.


Beberapa wilayah yang diselimuti kabut asap itu seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

"Citra sebaran asap untuk saat ini, Kamis, 22 Agustus pukul 12.00 WIB meliputi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah," sebutnya.

Tambahnya, kabut asap tersebut berasal dari wilayah tenggara Indonesia dan terus bergerak dan menyebar kearah barat laut.

Meskipun Pulau Sumatera dan Kalimantan berdekatan dengan negara tetangga, asap yang menyelimuti wilayah tersebut tidak melintasi perbatasan wilayah Indonesia (transboundary haze).

"Kami menditeksi tidak ada transboundary haze siang ini," imbuhnya. Khusus untuk Provinsi Riau, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melalui satelit Terra, Aqua, Snpp dan Noa20 memantau kondisi terkini (kurang 24 jam) titik hotspot di Provinsi Riau siang ini.


Melalui laman websitenya, LAPAN menyebutkan bahwa titik hotspot (level confidence diatas 70 persen) di Provinsi Riau berjumlah 79 titik.