Kunjungan Panglima TNI, Kapolri dan Menteri LHK ke Riau Disambut Asap dan Ratusan Titik Panas

Kunjungan Panglima TNI, Kapolri dan Menteri LHK ke Riau Disambut Asap dan Ratusan Titik Panas

13 Agustus 2019
Kabut asap di Pekanbaru (foto dokumentasi riau1)

Kabut asap di Pekanbaru (foto dokumentasi riau1)

RIAU1.COM -167 titik panas atau hotspot terpantau citra satelit, Selasa 13 Agustus 2019 pagi di Provinsi Riau. Hotspot tersebut terdapat di 10 kabupaten dan kota. Dihari yang sama pula, Kapolri, Panglima TNI, Menteri LHK dan Kepala BNPB berkunjung ke Riau menangani Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla).

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 167 titik panas ini terdapat antara lain di Bengkalis 15 titik panas, Meranti delapan titik panas, Kampar tiga titik panas, Dumai empat titik panas dan Rohul satu titik panas.

Kemudian Pelalawan 21 titik panas, Rokan Hilir 61 titik panas, Siak 14 titik panas, Indragiri Hilir 27 titik panas serta terakhir Indragiri Hulu 13 titik panas. Seluruh hotspot tersebut berlevel confidence (Kepercayaan, red) di atas 70 persen.

Dari 167 titik panas ini, 97 titik diantaranya berlevel confidence di atas 70 persen, atau merupakan titik api yang diakibatkan oleh terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla, red).

97 titik api itu diantaranya di Bengkalis tujuh titik, Meranti lima titik, Kampar satu titik, Pelalawan 12 titik api, Rohil 40 titik api, Rohul satu titik api, Siak delapan titik api, Indragiri Hilir 14 titik api dan Indragiri Hulu sembilan titik api.

Selain titik panas, kabut asap akibat Karhutla juga melanda tiga daerah di Riau, yakni Kota Pekanbaru, Pelalawan serta Kota Dumai.

Adapun hari ini, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Mentero LHK Siti Nurbaya serta Kepala BNPB Letjen Doni Winardo melakukan tinjauan langsung ke daerah yang dilanda Karhutla di Riau.

Daerah yang dikunjungi antara lain Pelalawan, Inhu hingga Kabupaten Inhil.