Jumat, 23 Agustus 2019

RIAU

Pekanbaru, Dumai dan Pelalawan Diselimuti Asap, 71 Titik Panas 'Kepung' Riau Pagi Ini

news24xx


Jet tempur TNI AU patroli ke area Karhutla yang melanda Riau beberapa tahun lalu (Foto ilustrasi) Jet tempur TNI AU patroli ke area Karhutla yang melanda Riau beberapa tahun lalu (Foto ilustrasi)

RIAU1.COM -Titik panas atau hotspot terpantau masih dominan di Provinsi Riau. Hasil pengamatan citra satelit, Sabtu 10 Agustus 2019 pagi, terdapat 71 titik panas di Riau yang tersebar ditujuh kabupaten dan kota.

Titik panas yang muncul akibat terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tersebut tampaknya belum dapat dituntaskan dan menjadi PR tersendiri oleh pemerintah daerah Riau, hingga saat ini.

Bahkan Kota Pekanbaru, Kota Dumai dan Kabupaten Pelalawan diselimuti kabut asap. Situasi tersebut tentunya berpotensi menganggu kesehatan masyarakat hingga memperpendek jarak pandang (visibility).



BACA JUGA : Dinas Pendidikan Riau Izinkan Sekolah Cari Biaya Tambahan Untuk Pendidikan, Asalkan...

Menurut data Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sabtu pagi, 71 titik panas itu berlevel confidence (tingkat kepercayaan, red) di atas 50 persen.

Sebarannya antara lain satu hotspot di Inhu, empat titik panas di Kepulauan Meranti, tujuh hotspot di Rohil, enam titik lainnya di Inhil,  13 titik panas di Bengkalis, 16 hotspot di Pelalawan serta 24 titik panas di Siak.



BACA JUGA : Festival Riau Santri Bulan Oktober 2019, PWNU Gelar Jalan Sehat Bersarung 10.000 Orang


 
Dari 71 hotspot yang tersebar di Riau tersebut, 51 titik diantaranya merupakan titik api akibat Karhutla (berlevel confidence/kepercayaan di atas 70 persen).

51 titik api ini, antara lain tiga titik di Kepulauan Meranti, lima titik di Inhil, empat titik di Rohil,  enam titik di Bengkalis, 11 titik di Pelalawan dan 22 titik di Kabupaten Siak Sri Indrapura.