59 Titik Panas Muncul di 8 Kabupaten Sehari Jelang HUT Riau, 3 Daerah Dikepung Asap

59 Titik Panas Muncul di 8 Kabupaten Sehari Jelang HUT Riau, 3 Daerah Dikepung Asap

8 Agustus 2019
Asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru yang terjadi beberapa hari lalu (Foto dokumentasi Riau1)

Asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru yang terjadi beberapa hari lalu (Foto dokumentasi Riau1)

RIAU1.COM -Titik Panas (Hotspot) terpantau masih dominan di Provinsi Riau, Kamis 8 Agustus 2019. Menurut data BMKG, ada 59 titik panas yang tersebar di delapan kabupaten dan kota, di negeri lancang kuning tersebut.

Sehari jelang HUT Riau ke 62 yang jatuh pada 9 Agustus 2019 besok, masyarakat Riau masih harus merasakan kabut asap yang ditimbulkan oleh kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi disejumlah wilayah.

Kondisi itu tentunya menjadi 'kado' pahit sehari menjelang hari ulang tahun Provinsi Riau, di masa kepemimpinan Gubernur Syamsuar dan wakilnya Edy Natar Nasution. Bahkan menurut data BMKG, ada tiga daerah yang terpantau diselimuti kabut asap.

Dirincikan, tiga wilayah yang terpantau berasap akibat Karhutla antara lain Kota Dumai, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan, dengan jarak pandang pada pukul 07.00 WIB tadi berkisar dua sampai tiga kilometer.

Untuk titik panas sendiri, terpantau berjumlah 59 hotspot dengan level confidence (tingkat kepercayaan, red) di atas 50 persen. Sebarannya terdapat di delapan kabupaten.

Data BMKG merincikan, sebarannya antara lain dua hotspot di Kepulauan Meranti, empat hotspot masing-masing di Kampar dan Rohil, delapan hotspot masing-masingnya di Bengkalis Pelalawan dan Inhu, 11 titik panas di Siak dan 14 hotspot di Inhil.

Dari 59 titik panas itu, 37 titik diantaranya berlevel confidence di atas 70 persen (Merupakan titik api, red) yang muncul akibat terjadinya Karhutla.

Sebarannya antara lain di Kepulauan Meranti satu titik, Kampar dan Rohil masing-masing sebanyak dua titik, Bengkalis dan Inhu masing-masing lima titik, Pelalawan enam titik, Siak ada tujuh titik dan Inhil sembilan titik.