BPBD Riau Ajak Semua Pihak Bantu Tanggulangi Karhutla

BPBD Riau Ajak Semua Pihak Bantu Tanggulangi Karhutla

29 Juli 2019
Suasana rapat karhutla Riau di Posko Karhutla Riau (Foto: Zar/Riau1.com)

Suasana rapat karhutla Riau di Posko Karhutla Riau (Foto: Zar/Riau1.com)

RIAU1.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger meminta bantuan kepada semua pihak baik masyarakat ataupun korporasi agar sama-sama melakukan pencegahaan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).


Permintaan itu diutarakannya saat menghadiri rapat evaluasi penanggulanhan karhutla di Posko penanganan darurat bencana karhutla komplek Lanud Roesmin Nurjadin, Senin, 29 Juli 2019.

"Kami meminta semua pihak untuk mengoptimalkan seluruh instansi yang ada. Jangan hanya kami semua. Kalau kita bersama, saya kira karhutla ini dapat ditanggulangi dengan baik," sebutnya.

Khusus dari tim satgas, mereka telah mengerahkan petugas darat yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta petugas lainnya.

Sedangkan untuk petugas udara, mereka libatkan lima dari tujuh helikopter bantuan dari BNPB ditambah helikopter perusahaan.

Sayangnya, khusus korporasi bantuan helikopter bersifat temporer sehingga tidak dapat menjangkau seluruh wilayah yang ada di Riau.

Loading...

Permintaan bantuan ini juga turut diutarakan dari Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki.

Menurutnya bantuan dibutuhkan karena Riau saat ini mengalami musim kemarau yang cenderung lebih kering dibandingkan tahun lalu.

Sehingga tak mudah bagi petugas dengan keterbatasan yang ada mampu menanggulangi titik api apa lagi yang sulit untuk dijangkau.

"Dibanding di tahun 2018 silam, tahun ini musim kemarau di Riau cenderung lebih kering. Kita mengimbau kepada semua semua pihak untuk waspada dan membantu mencegah terjadinya karhutla," imbuhnya.