DPRD Riau Minta Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Qurban Sebelum Idul Adha

DPRD Riau Minta Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Qurban Sebelum Idul Adha

22 Juli 2019
Anggota Komisi II DPRD Riau, Sugianto

Anggota Komisi II DPRD Riau, Sugianto

RIAU1.COM - Jelang hari raya Idul Adha, DPRD Riau meminta Dinas Peternakan segera melakukan pengecekan kesehatan hewan qurban, agar saat hari H nanti, sehat dan layak untuk dipotong.

"Kita akan surati Dinas Perternakan Riau untuk memastikan ketersediaan serta mengecek kesehatan hewan qurban," kata anggota Komisi II DPRD Riau, Sugianto.

"Sebab, kita tidak ingin mendengar daging qurban yang akan dipotong mengandung penyakit," sambung politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Sugianto menuturkan, hewan yang akan diqurban di Riau ini, tidak semua berasal dari Riau melainkan disuplai dari luar Riau seperti Bali.

"Hal ini karena ketidakmampuan Riau menyuplai kebutuhan hewan qurban yang akan dipotong hari raya," tuturnya.

Supaya tidak tertular penyakit hewan, Sugianto melanjutkan, pihaknya meminta Dinas Perternakan Riau melakukan pengecekan kesehatan agar terbebas dari penyakit hewan seperti jembrana.

Loading...

"Selain sapi dari luar, sapi di dalam Provinsi Riau juga harus dicek kesehatannya supaya tidak tertular," tambahnya.

Menyoal harga hewan qurban di Riau yang mengalami kenaikan, Sugianto menyatakan, kondisi tersebut merupakan hal yang biasa.

"Apalagi, lonjakan harga hewan qurban di Riau sekarang ini juga tidak terlalu tinggi dan masih batas wajar," pungkasnya.